BISNIS

3 Ide Bisnis Digital yang Cocok Buat Milenial

Bisnis Digital

MALIOBORO.NEWS – Bisnis digital saat ini menjadi salah satu lapangan usaha yang menjanjikan. Kita bisa membuka usaha tanpa harus memiliki toko fisik sehingga lebih mudah, murah dan fleksibel. Bentuk bisnis ini juga sangat banyak. Anda tidak akan kesulitan memperoleh pekerjaan jika menguasai salah satunya saja. Selain itu, bisnis digital juga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Bisnis digital adalah salah satu jenis usaha yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam melakukan pemasaran, penjualan serta menciptakan suatu produk. Namun, jangan terpaku pada produk digital seperti aplikasi, software, atau ebook saja. Karena segala bentuk penjualan dan marketing secara online juga termasuk ke dalam bagian bisnis digital.

Peluang bisnis digital sangatlah besar dan menjanjikan. Banyak contoh bisnis digital yang menjadi raksasa karena berhasil menggunakan teknologi informasi. Google, Facebook, Instagram, Tokopedia, dan Bukalapak adalah contohnya.

Potensi bisnis di era digital sangatlah besar. Masih banyak lahan bisnis yang belum digarap secara optimal. Bisnis digital yang sudah ada pun jumlahnya masih sedikit. Peluang untuk membuka bisnis baru masih sangat potensial.

Dengan bisnis digital kita bisa menjual berbagai produk dengan mudah kepada konsumen. Bisnis digital bisa membantu pengembangan UMKM untuk meraih cakupan pelanggan yang lebih luas.

Meroketnya jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 132,7 juta orang menjadi pendorong berkembangnya bisnis digital. Sebagian besar di antaranya melakukan akses internet dari smartphone.

Apa saja ide bisnis digital yang dapat dipilih untuk meraih keuntungan?

1.E-commerce
Untuk memulai bisnis dagang elektronik (e-commerce), tidak perlu membangun website yang berbiaya mahal. Cukup gunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya untuk menunjang aktivitas jualan online agar semakin berkembang.

2.YouTube
Membangun channel YouTube merupakan salah satu contoh bisnis digital yang harus dicoba. Dari konten video yang dibuat, kita bisa menjual produk atau jasa. Bisa juga kita menjadi endorser produk-produk terkenal. Namun, untuk memperoleh pengunjung yang banyak tidaklah mudah. Kita harus membuat konten dengan kualitas video yang baik dan bermanfaat agar disukai banyak orang.

2.Pelatihan Online
Ide lainnya adalah dengan membuat situs yang menyediakan pelatihan online. Jika anda memiliki keahlian yang bisa dijual baik itu edukasi, keuangan, manajemen, motivasi, dan lainnya, maka ini bisa menjadi peluang bisnis online. Pelatihan di sini tidak hanya berupa video atau teleconference. Bisa juga pelatihan membuat ebook, artikel atau tips-tips lainnya yang bermanfaat untuk pembaca. (ah/wid/rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top