TRAVEL

4 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Jogja Paling Asyik

MALIOBORO.NEWS – Yogyakarta tidak akan pernah habis cerita untuk dikunjungi. Berbagai spot wisata menarik di Jogja selalu ramai oleh wisatawan, termasuk saat Ramadhan. Ada banyak tempat asyik untuk ngabuburit di Kota Gudeg.

Selain tempat ngabuburit asyik, kamu juga bisa melihat berbagai macam menu takjil khas Jogja. Penasaran di mana saja tempat ngabuburit yang ada di Jogja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, yuk!

1.     Jalan Malioboro
Jalan Malioboro bakal jadi favorit wisatawan dari masa ke masa dan nggak bakal ada kata bosan meskipun kamu sudah sering ke sana. Suasananya yang eksotik dan Jawa banget, bikin kamu betah jalan kaki di sana, lihat sekaligus-lihat barang unik yang dijajahkan di sekitarnya. Bakal lebih seru sih, jika kamu memang punya tujuan cari batik, cindermata, atau barang unik lainnya. Di sekelilingnya juga banyak banget penjual makanan, baik resto maupun kaki lima, sehingga kamu nggak akan kesulitan menemukan makanan untuk buka puasa.

2.    Kampung Ramadhan Jogokaryan
Kampung Ramadhan Jogokaryan juga jadi favorit warga Yogyakarta untuk ngabuburit. Di sana pengunjung juga bisa borong makanan dan minuman untuk buka puasa. Suasananya yang ramai bikin ngabuburit terasa cerita, apalagi Kampung Ramadhan Jogokaryan juga menawarkan suasana pondokan yang begitu kental.

3.     Pasar Ramadhan Kauman
Pasar Ramadhan Kauman berlokasi di gang sempit yang lebarnya tak sampai 2 meter. Tepatnya, Pasar Kauman berada di Kauman di Jl. Ahmad Dahlan sekitar 80 m dari titik nol kilometer Yogyakarta. Pasar Ramadhan ini bisa disusuri di sepanjang jalan dari RW 10 hingga RW 13.

Pasar unik Kauman sudah ada sejak tahun 1970-an. Di pasar ini dijual aneka rupa makanan khas tradisional seperti kipo, semar mendem, dan serabi kocor.

Menariknya di Pasar Ramadhan Kauman ini dijual pula kicak. Salah satu makanan tradisional yang hanya dijual di Pasar Ramadhan Kauman saat bulan Ramadhan.
Kicak berbahan dasar beras ketan yang ditumbuk halus lalu diberi gula, nangka dan parutan kelapa yang kemudian dikukus dengan kayu bakar.

4.     Lembah UGM
Kalau tempat nagabuburit yang satu ini suasananya terasa lebih urban, berbeda dengan tempat sebelumnya yang bernuansa kampung. Di tempat ini berada di kawasan kampus terbesar di Jogja yang notabene nya banyak kawula muda.

Makanan yang disajikan sebagian adalah varian dari negeri seberang, seperti roti cane khas India, sosis bakar Jerman, Kimbab ala Korea, dan banyak lagi. Selain makanan yang begitu menggugah selera, penjualnya kebanyakan juga mahasiswa yang masih muda-muda.(rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top