TIPS AND TRICK

9 Cara Aman Belanja Online

belanja online

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – Tren berbelanja masyarakat saat ini mulai berseger, dari belanja konvensional di toko-toko, masyarakat merubah kebiasaannya menjadi belanja online. Faktor utamanya adalah perkembangan teknologi yang tak bisa dibendung, toko-toko online tumbuh dengan pesat di era revolusi industri 4.0 sekarang ini. Banyak keunggulan-keunggulan yang ditawarkan dalam berbelanja secara online seperti pilihan barang yang banyak, harga yang lebih murah, kemudahan dalam berbelanja, tidak adanya hambatan jarak dan waktu, dsb.

Meskipun banyak keunggungulan dari belanja online, terdapat juga potensi penipuan dalam transaksi secara online. Data dari Kominfo menunjukan 14.000 kasus penipuan online terjadi per September 2018.

Lantas bagaimana cara aman dalam belanja online? Berikut ulasannya dikutip dari leaflet yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) :

1. Periksa situs yang anda kunjungi yaitu dengan mengetik nama perusahaan atau nama toko online dan produknya di situs pencarian online seperti Google, berhati-hatilah jika tidak menemukan informasi yang cukup tentang toko online tersebut.
2. Hindari mengklik link dari email yang tidak jelas asal usulnya, karena link tersebut berpotensi membawa anda ke situs palsu yang sengaja dibuat untuk mencuri data kartu debit/ kredit anda.
3. Cari tanda pengaman pada situs yang dikunjungi. Biasanya terdapat gambar gembok di baris status browser.
4. Pertimbangkan cara pembayaran yang paling aman menurut anda.
5. Jaga kerahasiaan kartu debit/ kredit anda. Jangan memberitahukan tanggal kadaluarsa kartu dan 3 digit nomor CVV pada bagian belakang kartu.
6. Simpan bukti transaksi, termasuk deskripsi produk dan harga serta email atau bukti percakapan lainnya antara anda dan penjual.
7. Apabila rekening anda telah terdebit namun keterangan dari toko online transaksi pembayaran belum diterima, maka lakukan pengecekan kembali pada history transaksi rekening anda, kemudian datang ke cabang bank terdekat untuk melakukan pengaduan.
8. Pastikan jaringan internet anda stabil dan aman saat bertransaksi online. Apabila saat proses verifikasi pembayaran jaringan internet terputus dan saldo anda terdebit, segera cek apakah status pembelian anda berhasil dan saldo anda benar terdebit.
9. Jangan menggunakan wifi gratisan untuk transaksi online karena data anda berpotensi disalahgunakan

Apabila 9 tips aman dalam belanja online diatas sudah anda jalankan namun masih tertipu dalam bertransaksi, anda dapat melaporkan nomor rekening penipu di laman cekrekening.id yang disediakan oleh Kominfo. (Zae)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top