Berita Terkini

HEADLINE
March 30, 2020

Ini Cara Pengajuan Keringanan Kredit Debitur Terdampak Covid-19

BPR
March 29, 2020

BPR Se-DIY Siap Restrukturisasi Kredit Debitur Terdampak COVID-19

HEADLINE
March 28, 2020

Ini yang Perlu Dilakukan untuk Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

SAHAM
March 27, 2020

IHSG Ngebut 7,9% di Awal Perdagangan Jumat (27/3)

HEADLINE
March 26, 2020

Kepala OJK DIY: Nasabah Terdampak COVID-19 Bisa Ajukan Relaksasi dan Restrukturisasi Kredit

HEADLINE
March 18, 2020

Himbauan OJK Untuk Industri Jasa Keuangan Dalam Meminimalisir Penyebaran Covid-19

PERBANKAN
March 16, 2020

Kinerja 2019 Moncer, Bank Syariah MCI Paparkan Rencana Kerja 2020

HEADLINE
March 13, 2020

Jaga Pasar Agar Kondusif, BEI Umumkan Bekukan Perdagangan Sementara

PERBANKAN
February 23, 2020

Nasabah Bank BPD DIY asal Bantul Raih Honda CRV

ASURANSI
February 4, 2020

Sri Sultan: Masyarakat DIY Butuh Asuransi Jiwa Secara Berkelompok

HEADLINE
February 3, 2020

Wimboh Lantik Parjiman sebagai Kepala OJK DIY yang Baru

HEADLINE
January 24, 2020

Kick Off Meeting 2020, Bank Syariah BDS Hadiahkan 2 Tiket Haji Untuk Karyawan

HEADLINE
January 23, 2020

Perpisahan Hangat FK-IJK DIY dengan Kepala OJK DIY

HEADLINE
January 23, 2020

DPD Perbarindo DIY Bagi-bagi Hadiah Tabungan Tamasya Plus Periode 32

ASURANSI
January 8, 2020

Asuransi Sinar Mas Serahkan Asuransi Mikro dan Celengan Impian bagi 6.705 Pegiat UMKM di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

HEADLINE
January 2, 2020

Perdagangan Bursa 2020 Dibuka Jokowi, OJK Dorong Pasar Modal Transparan dan Kredibel

HEADLINE
December 23, 2019

Anti Mainstream! Bukan Uang atau Perhiasan Pasangan di Klaten Menikah dengan Mahar Ini

HEADLINE
December 12, 2019

Program Kredit Merapi “Meraih Mimpi” Diluncurkan Perbarindo DIY

EKONOMI
December 12, 2019

DIY Akan Lakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

PERBANKAN
December 12, 2019

Bank BPD DIY Undi Masyarakat Yang Bayar Pajak Kendaraan Lewat E-Samsat

Asuransi Sinar Mas Serahkan Asuransi Mikro dan Celengan Impian bagi 6.705 Pegiat UMKM di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

MALIOBORO.NEWS – Asuransi Sinar Mas membuka tahun 2020 dengan kegiatan literasi keuangan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Peserta literasi kali ini adalah para pegiat UMKM yang berada di Kecamatan Borobudur, Mungkid, Muntilan, dan Tempuran. Pelaksanaan literasi keuangan Asuransi Sinar Mas kali ini dititikberatkan di daerah-daerah yang belum tersentuh sebelumnya dengan beragam target peserta yang terdiri atas siswa sekolah, guru, santri, petani, nelayan, wanita, ibu rumah tangga, dan pegiat UMKM.

“Asuransi Sinar Mas terus berkomitmen mendukung program Otoritas Jasa Keuangan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan keuangan melalui kegiatan literasi dan edukasi keuangan”, jelas Dumasi M M Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas pada saat acara berlangsung.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, S.IP dalam kata sambutan yang disampaikan oleh Drs. Asfuri, M.Si, Asisten III Bupati Magelang sekaligus Plt. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang menuturkan bahwa pihaknya memberikan apresiasi kepada PT Asuransi Sinar Mas yang peduli kepada pelaku UMKM di Kabupaten Magelang dengan memprakarsai kegiatan literasi dan inklusi keuangan ini.

“UMKM merupakan salah satu pilar untuk menggerakkan roda perekonomian. Penguatan sektor keuangan dan pertumbuhan kemakmuran memiliki hubungan yang saat erat. Oleh karena itu penyediaan akses keuangan secara luas selain akan meningkatkan kemakmuran, juga akan mendorong penguatan sistem ekonomi. Adalah penting untuk meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat karena akan berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat,” kata Asfuri.

Plt. Kepala Bagian Edukasi Perlindungan Konsumen dan Bagian Kemitraan, Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah, OJK Regional Jateng dan DIY, Nur Satyo Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan literasi Asuransi Sinar Mas sesuai dengan program literasi yang dicanangkan OJK di tahun 2020. Program literasi ada 3 (tiga) segmen prioritas, yaitu kepada UMKM, petani dan nelayan serta perempuan dan ibu rumah tangga.

“Peserta literasi hari ini adalah UMKM di Kabupaten Magelang dan banyak UMKM disini adalah ibu rumah tangga dan mungkin juga petani. Terima kasih kepada Asuransi Sinar Mas karena memberikan bantuan asuransi ke daerah yang belum terjangkau oleh lembaga jasa keuangan non bank,” tutur Nur Satyo.

Sejak tahun 2015, Asuransi Sinar Mas telah memberikan literasi keuangan kepada 142.000 peserta, membagikan 102.000 kartu asuransi mikro, serta membagikan 25.000 Celengan Impian di berbagai wilayah secara gratis. Literasi keuangan telah dilaksanakan Asuransi Sinar Mas di berbagai desa seperti desa Cunca Wulang dan Labuan Bajo – Manggarai Barat, pulau Solor – Flores Timur, desa Gemel – Lombok Tengah, 10 kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan, Parmonangan, Hutaginjang dan Tuktuk Siadong – Kabupaten Samosir, Merauke dan Sentani – Papua, pondok pesantren di Bumiayu – Brebes, pondok pesantren di Kabupaten Serdang Bedagai, pondok pesantren di Kabupaten Padangsidimpuan, Amurang – Kabupaten Minahasa Selatan, Putussibau – Kabupaten Kapuas Hulu dan berbagai kota-kota lainnya.

“Selain materi perencanaan keuangan, kami juga mengenalkan mengenai asuransi mikro yang dapat digunakan untuk proteksi keuangan dari risiko yang tidak terduga. Dengan karakteristik SMES (sederhana, mudah dan ekonomis, segera), kami berharap masyarakat dapat menjadikan asuransi mikro sebagai pilihan untuk proteksi keuangan keluarga,” lanjut Dumasi

Agar peserta lebih memahami materi literasi dan bisa langsung mengimplementasikannya, Asuransi Sinar Mas pada kesempatan ini menyerahkan 6.705 kartu asuransi mikro, simas perlindungan dan juga celengan impian bagi seluruh UMKM yang berada di 4 kecamatan ini secara gratis.

“Asuransi Sinar Mas pada tahun 2020 menargetkan membagikan 38.000 kartu asuransi mikro secara gratis kepada peserta literasi. Jenis asuransi disesuaikan dengan jenis peserta. Untuk siswa akan diberikan simas siswa mikro, untuk petani diberikan simas petani, sedangkan untuk guru dan pegiat UMKM diberikan simas perlindungan,” ujar Dumasi.

Simas perlindungan merupakan asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap risiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin Polis dan memberikan penggantian biaya perawatan atau pengobatan medis akibat kecelakaan. Celengan Impian adalah celengan sederhana yang diinisiasi oleh Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya. (ah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *