ASURANSI

Asuransi Syariah Bagi Generasi Milenial

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – Ekonomi dan keuangan syariah telah mengalami perkembangan pesat dalam dua dekade terakhir, baik secara global maupun nasional. Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi ekonomi syariah yang luar biasa.

Generasi milenial merupakan pasar yang besar bagi beragam produk keuangan salah satunya bagi produk asuransi syariah. Namun ternyata literasi generasi milenial terhadap produk asuransi masih perlu untuk ditingkatkan.
Generasi milenial saat ini menjadi generasi yang mendominasi masyarakat kita. Generasi yang lahir di era 90-an mencapai titik puncaknya pada dekade ini. Saat ini mereka memasuki fase produktivitas mereka, yaitu di umur antara 18–35 tahun. Fase-fase inilah yang kemudian menjadi momentum mereka untuk lebih memahami pentingnya investasi dan perencanaan keuangan masa depan untuk kehidupan mereka.

Asuransi syariah menjadi instrumen yang tepat jika berbicara perencanaan keuangan masa depan dan hal hal yang mungkin terjadi di luar ekspektasi. Asuransi syariah tidak hanya sebatas perlindungan terhadap risiko saja. Sekarang, asuransi syariah dengan unit linknya memberikan kesempatan berinvestasi sesuai dengan syariat Islam.

Dengan berasuransi syariah maka kita telah melakukan perencanaan dengan baik, matang, dan sedini mungkin. Baik itu asuransi kecelakaan, kesehatan, jiwa, pendidikan ataupun produk asuransi syariah lainnya khususnya untuk generasi milenial.

Prinsip asuransi syariah di antaranya adalah tolong menolong dan saling berderma untuk saling berbagi dan menanggung risiko sebagai antisipasi bila terjadi musibah. Hal itu relevan dengan ciri gotong royong khas masyarakat Indonesia. Prinsip-prinsip tersebut dapat diterapkan untuk membantu yang terdampak pandemi COVID-19.

Sudah saatnya para generasi milenial menaruh perhatian pada instrumen investasi ketimbang hanya menyimpannya saja di bank. Asuransi syariah dengan unit linknya ini sangat tepat. Terlebih lagi mayoritas dari generasi milenial merupakan para keluarga muda. Tentunya instrumen ini pun menjadi sangat membantu. Dengan asuransi syariah kita lebih siap untuk menghadapi hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang baik yang terencana maupun yang diluar dugaan.(rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top