EKONOMI

Bank Indonesia Optimis Ekonomi DIY Tetap Tumbuh

bi-yakin-ekonomi-yogyakarta-tahun-ini-tumbuh

MALIOBORO– Bank Indonesia (BI) optimis perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan tetap tumbuh. BI memprediksi pertumbuhan ekonomi DIY tahun ini berada di kisaran angka 5,2%, tidak jauh dari prediksi angka pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Budi Hanoto mengatakan, meski ada beberapa pihak yang menyatakan jika ada penurunan daya beli masyarakat, namun ia melihat tidak terjadi demikian. Karena BI mencatat beberapa sektor masih menunjukkan pertumbuhan dibanding dengan periode sebelumnya.

“Tidak ada itu penurunan daya beli,” ujarnya.

Untuk menjaga pertumbuhan perekonomian tersebut, BI sebenarnya telah menurunkan suku bunga mereka. Kebijakan penurunan suku bunga yang sebelumnya mereka lakukan sebanyak dua kali memang efektif untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Ia berharap penurunan suku bunga yang BI lakukan tersebut akan diikuti oleh kalangan perbankan. Sehingga nantinya perekonomian akan terus menggeliat karena angka kredit yang digulirkan oleh kalangan perbankan terjadi peningkatan.

Khusus di DIY, masih sama dengan sebelumnya, sektor yang menjadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi adalah industri pariwisata dan turunnya. Bisnis hotel dan restoran ataupun kuliner masih akan mendominasi.

“Industri kreatif juga banyak berperan dalam perekonomian wilayah ini,” tuturnya. (Erfanto linangkung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top