PERBANKAN

Bank Mandiri Tebar Dividen Sebesar Rp10,27 Triliun

Bank Mandiri Tebar Dividen Sebesar Rp10,27 Triliun

MALIOBORO.NEWS – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri menyetujui besaran 60% dari laba bersih 2020 atau sekitar Rp10,27 triliun (sekitar Rp220 per lembar saham) sebagai dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham.

Dengan memperhitungkan komposisi saham merah putih yang sebesar 60 persen, maka Bank Mandiri akan menyetorkan dividen sekitar Rp6,16 triliun ke kas negara.

Sedangkan, sebanyak 40 persen dari laba bersih tahun lalu akan menjadi laba ditahan. Besaran dividen tersebut sangat in line dengan komitmen management untuk bisa berkontibusi secara optimal kepada negara serta keinginan untuk menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah, salah satunya dengan layanan digital banking yang handal dan simpel. Hal ini juga mengindikasikan dukungan yang kuat dari pemegang saham kepada management untuk mengakselerasi rencana ekspansi digital banking perseroan.

Melalui Mandiri Digital, Bank Mandiri telah mengembangkan layanan dan produk perbankan terbaik yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail.

Salah satu inisiatif transformasi digital banking yang telah dilakukan Bank Mandiri adalah dengan memperkenalkan Livin by Mandiri sebagai penyempurnaan aplikasi Mandiri Online.

Rencananya, Livin by Mandiri diharapkan menjadi super app yang memanfaatkan pendekatan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan akses layanan keuangan yang lengkap, termasuk ke biller dan produk perusahaan anak sehingga dapat mendukung keinginan perusahaan menjadi salah satu best digital retail bank di dalam negeri.

Meski pembagian deviden 60 persen dari laba bersih, rasio kecukupan modal (CAR) masih ada di level yang baik.

Diperkirakan CAR pada Maret 2021 berada di level 18,9 persen. Lalu pada akhir tahun CAR akan menjadi 18,4 persen seiring dengan pemulihan ekonomi yang terjadi. Sigit meyakinkan, CAR Bank Mandiri tetap aman di level 18 persen sampai 20 persen. Jadi Bank Mandiri akan jaga CAR di level 18 persen – 20 persen. Ini yang paling aman buat Bank Mandiri.(rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top