HEADLINE

CIMB Niaga, Bank Pertama Yang Rekrut Disabilitas

cimb-niaga-call-center-14041

MALIOBORO – CIMB Niaga meresmikan CIMB Niaga 14041 di Yogyakarta. Selain sebagai satu-satunya bank yang memusatkan layanan call center di Yogyakarta, CIMB Niaga juga menasbihkan diri sebagai bank pertama yang merekrut sumber daya manusia (SDM) disabilitas untuk menjadi rekan kerja mereka.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Dermawan mengungkapkan, call center CIMB Niaga selama ini memang mendapatkan respon yang cukup bagus dari masyarakat. Dalam sebulan setidaknya ada 570 ribu interaksi nasabah menggunakan call center atau phone banking yang mereka miliki.

“Ada yang bertanya tentang produk, menyampaikan keluhan hingga mengajukan aplikasi,” tuturnya. Dari 570 ribu interaksi tersebut, sekitar 50% memang direspon oleh sistem secara otomatis. Dan sisanya dijawab oleh Sumber Daya Manusia yang menangani Phone Banking ini. Karena traffic interaksi phone banking yang cukup banyak, maka membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak dan mumpuni.

Kendati demikian, pihaknya memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas untuk bisa menjadi bagian dari CIMB Niaga tersebut. Dan saat ini, pihaknya telah merekrut sekitar 300 penyandang disabilitas untuk menempati beberapa posisi, terutama di bagian phone banking. Kendati menyandang disabilitas, tetapi ternyata kemampuannya sangat mumpuni.
“Bahkan ada rekan kami yang tuna netra, tetapi prestasi penjualannya sangat membanggakan,” ungkapnya. Perekrutan SDM dari penyandang disabilitas tersebut merupakan salah satu komitmen mereka terhadap bangsa ini untuk memberikan kesempatan yang sama kepada setiap warga negara bergabung dengan mereka. Kedepan, pihaknya akan berusaha menambah jumlah penyandang disabilitas di CIMB Niaga.

CEO Disable Enterprise, Angki Listya mengaku berterimakasih terhadap CIMB Niaga yang telah merekrut penyandang disabilitas tersebut. Karena selama ini, penyandang disabilitas termasuk dirinya selalu dikesampingkan ketika harus bersaing untuk mendapatkan pekerjaan. Ia mencatat setidaknya ada 40 ribu penyandang disabilitas yang menganggur akibat kebijakan yang tidak memihak terhadap mereka.
“Baru sekitar 5000 penyandang disabilitas yang berhasil kami berdayakan,” ujarnya.

Dalam kesempatan peresmian call center CIMB Niaga 14041 tersebut, pihak CIMB Niaga juga memberikan sumbangan sebesar Rp 40 juta untuk penyandang disabilitas. Dana tersebut merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) CIMB Niaga. (erfanto linangkung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top