SAHAM

Dihadiri 49.395 Orang: Target Peserta Public Expose LIVE 2021 Terlampaui

Penutupan Public Expose LIVE 2021

MALIOBORO.NEWS, Jakarta – Penyelenggaraan Public Expose LIVE 2021 pada 6 – 10 September 2021 sukses diselenggarakan dengan terciptanya beberapa pencapaian baru. Acara yang seluruhnya dilakukan secara virtual ini dihadiri oleh 49.395 peserta daring, melampaui target 44.000 peserta. Pencapaian 41.361 peserta daring pada pelaksanaan Public Expose LIVE 2020 pun juga dilampaui.

Rata-rata kehadiran peserta pada setiap sesi Paparan Publik Perusahaan Tercatat sebanyak 8.034 orang, meningkat 19,4 persen dibanding Public Expose LIVE 2020.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengapresiasi penyelenggaraan Public Expose LIVE 2021 sebagai rangkaian kegiatan Peringatan 44 Tahun Diaktifkannya Pasar Modal Indonesia. Apresiasi diberikan kepada penyelenggara, yakni BEI, KPEI, KSEI, serta para Direksi Perusahaan Tercatat yang berpartisipasi.

“Kita semua menyadari pandemi COVID-19 belum dapat dipastikan kapan akan berakhir,” ujar Hoesen, saat membuka Public Expose LIVE 2021 pada Senin (6/9).

Meskipun demikian, lanjut Hoesen, OJK akan terus bersinergi dengan pemerintah dan stakeholders lainnya untuk menjaga stabilitas perkonomian, termasuk Pasar Modal Indonesia. OJK juga terus menjalankan program untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. OJK menyadari tugas dan tanggung jawab Direksi serta Komisaris perusahaan semakin berat di tengah pandemi ini. Selain dituntut mengeluarkan usaha ekstra dalam mempertahankan kinerja perusahaan, juga harus menjaga tata kelola yang baik.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengungkapkan bahwa Public Expose LIVE 2021 merupakan momen yang tepat bagi para investor untuk mengenal kondisi keuangan perusahaan tercatat. Laporan Keuangan tengah tahun telah disampaikan oleh masing-masing perusahaan. Sebagai komitmen BEI untuk memfasilitasi seluruh masyarakat agar mudah mendapatkan informasi pasar modal terkini, BEI melakukan berbagai transformasi digital.

Selama masa pandemi ini, kata Inarno, seluruh sosialisasi yang dilaksanakan oleh BEI diadakan secara daring, termasuk penyelenggaraan Public Expose di tahun ini.

“Dengan dilakukan secara daring, seluruh investor di Indonesia dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan informasi perkembangan perusahaan tercatat secara langsung dari pihak manajemen,” ujar Inarno.

Upaya BEI mengakselerasi transformasi digital di tahun 2019 dan 2020 berdampak positif. Jumlah investor saham sudah mencapai lebih dari 2,5 juta Single Investor Identification (SID). Ini merupakan buah dari hasil kegiatan edukasi yang gencar dilakukan seluruh stakeholders Pasar Modal Indonesia.

“Semoga kemudahan dalam mengakses informasi pasar modal dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat,” ungkap Inarno.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi berharap konsep yang diterapkan pada Public Expose LIVE 2021 dapat memberikan inspirasi bagi pelaksanaan berbagai kegiatan edukasi pasar modal lainnya. Tujuannya agar menjangkau area yang lebih luas dan lebih bermanfaat bagi kesejahteraan bangsa.

Perusahaan Tercatat yang mengikuti Public Expose LIVE 2021 berasal dari seluruh sektor industri dan dihadiri secara lengkap oleh direksi beserta jajaran manajemennya. Public Expose LIVE 2021 semula akan diikuti oleh 50 Perusahaan Tercatat, namun PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) mengundurkan diri. Total terdapat 49 Perusahaan Tercatat yang berpatisipasi.

Penggunaan teknologi informasi sejak Public Expose LIVE 2020 direspon dengan sangat baik oleh masyarakat. Dari 49.395 peserta, 56 persen merupakan investor milenial berusia 24-39 tahun.

“Ini berarti pendekatan berbasis teknologi digital dan virtual ini tepat sasaran serta sesuai dengan pesatnya peningkatan jumlah investor dari generasi milenial. Siaran ulang Public Expose LIVE 2021 dapat disaksikan melalui kanal YouTube resmi BEI, yaitu Indonesia Stock Exchange.” kata Hasan, Jumat (10/9).

RUN System Yogyakarta melantai di bursa

RUN System Yogyakarta melantai di bursa

Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Yogyakarta, Irfan Noor Riza menuturkan jika acara ini dinanti-nantikan oleh seluruh investor pasar modal di DIY. Pertumbuhan investor pasar modal yang pesat di DIY selama pandemi COVID-19 ini membuat acara Public Expose LIVE 2021 daring ini sangat ditunggu investor. Investor tentunya haus informasi berkenaan dengan emiten-emiten yang diincarnya.

“Pertumbuhan investor di DIY sangat menggembirakan di tahun 2021. Jumlah investor di DIY per bulan Agustus 2021 mencapai 96.692 investor. Jika dibandingkan dengan jumlah investor bulan Agustus tahun 2020 lalu yang baru diangka 56.113 investor, maka dalam 1 tahun jumlah investor di DIY mengalami peningkatan sebanyak 40.579 investor. Suatu angka pertumbuhan yang sangat signifikan untuk ukuran DIY dalam kurun waktu setahun terakhir,” ujar Irfan.

Bersamaan dengan pertumbuhan jumlah investor di DIY, transaksi pasar modal pun mengalami peningkatan yang sangat menggembirakan. Jumlah rata-rata transaksi bulanan selama 2021 (Januari – Agustus) mencapai angka Rp 5,61 Triliun per bulan. Jika dilihat periode yang sama ditahun sebelumnya, rata-rata transaksi bulanan di DIY hanya mencapai Rp 1,44 Triliun per bulan.

Kegembiraan Irfan menjadi semakin lengkap dengan adanya penambahan jumlah emiten di DIY. Jumlah emiten di DIY bertambah satu emiten. Saham PT Global Sukses Solusi Tbk. (RUNS) resmi tercatat di Papan Akselerasi Bursa Efek Indonesia (BEI), sejak Rabu, 8 September 2021.

“RUNS merupakan perusahaan tercatat ke-33 yang tercatat di BEI pada tahun 2021. Ini merupakan emiten keempat dari Yogyakarta. Semoga semakin banyak perusahaan tercatat yang muncul dari Kota Yogyakarta,” harap Irfan.

Pasar modal di DIY dan sekitarnya diharapkan akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan investor, transaksi, dan emiten di DIY. Sinergi dan kolaborasi positif bersama Mitra-Mitra Edukasi yang ada di DIY diharapkan menciptakan inovasi-inovasi program-program kegiatan digital. Nantinya inovasi itu diharapkan akan mendukung perekonomian Nasional.(ah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top