HEADLINE

Dua Puluh Orang Calon Direktur dan Komisaris BPR Ikuti Sertifikasi Yayasan Perbarindo

Sertifikasi-direksi-bank-bpr-perbarindo

MALIOBORO – Yayasan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) kembali menyelenggarakan sertifikasi Direktur dan Komisaris Bank Perkreditan Rakyat (BPR), akhir pekan kemarin. Sertifikasi direktur dan komisaris ini merupakan angkatan ke 2 tahun 2017 yang diselenggarakan ole Yayasan Perbarindo.

Public Relation Yayasan Perbarindo, Theacarmia Karina Yasmine, S.IP mengatakan, sertifikasi untuk direktur dan komisaris BPR tersebut rutin digelar oleh Yayasan Perbarindo. Sertifikasi ini merupakan salah satu tahapan untuk menjadi direktur. Sebab, seperti yang dipersyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk menjadi Direktur atau Komisaris harus mengantongi sertifikasi.

“Syarat utama untuk bisa fit and proper test / wawancara kelayakan di OJK harus lebih dulu punya ‘SIM’nya. Nah sertifikasi ini lah SIM-nya,” terangnya.

Ia menambahkan, setelah pelatihan selesai dilakukan, para peserta akan mengikuti ujian. Apabila lulus ujian atau dinyatakan kompeten maka peserta akan diusulkan oleh masing-masing BPR untuk kemudian maju ke OJK. Mereka akan menjalani fit and proper test oleh OJK.

Untuk kegiatan pengujian atau sertifikasi ini dilakukan oleh team LSP LKM CERTIF Jakarta. LSP adalah LKM Certif ini adalah lembaga yang memiliki kewenangan sebagai badan sertifikasi keuangan mikro. Sementara Perbarindo DIY hanya merupakan mitra penyelenggara pelatihannya.

“Untuk ujian 100% di-handle CERTIF Jakarta,” tambahnya.

Pada sertifikasi kali ini ada 20 peserta masing-masing 10 direktur dan 10 komisaris. Pesertanya dari BPR-BPR wilayah DIY dan beberapa daerah lain. Di antaranya 1 orang dari Magelang, 1 orang dari Kebumen, 1 orang dari Jombang, 1 orang dari Surabaya, 1 orang dari akademisi yaitu Dosen Universitas Janabadra dan seorang lagi dari profesional perbankan umum. (Erfanto linangkung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top