OJK

Dukung Hardiknas, OJK dan BPD DIY Gelar SimPel Day

OJK dan BPD DIY Gelar SimPel Day

MALIOBORO.NEWS – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menginisiasi pencanangan Hari Simpanan Pelajar atau SimPel Day bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2019. Momen Hari Pendidikan Nasional ini dimanfaatkan agar meningkatkan awareness masyarakat dan komitmen pelajar untuk memiliki budaya menabung sejak dini khususnya melalui SimPel/SimPel iB. OJK dalam acara ini menggandeng industri perbankan maupun kementerian atau lembaga terkait. Pelaksanaan SimPel Day tahun ini serentak dilaksanakan di beberapa satuan kerja OJK, baik di pusat maupun di daerah.

Kantor OJK DIY bekerja sama dengan BPD DIY menyelenggarakan kegiatan SimPel Day yang diselaraskan dengan kegiatan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman berupa Pagelaran Dalang Cilik. Kegiatan tersebut diselenggarakan di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Dra. Sri Wantini, M.Pd, Kepala Bagian Pengawasan IKNB, Pasar Modal dan EPK OJK DIY, Noor Hafid, Direktur Pemasaran PT BPD DIY, Agus Trimurjanto, Direktur Kepatuhan PT BPD DIY, Dian Ariani, dan perwakilan siswa-siswi TK, SD dan SMP di wilayah Kabupaten Sleman.

Kepala Bagian Pengawasan IKNB, Pasar Modal dan EPK OJK DIY, Noor Hafid menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan SimPel Day bertujuan untuk mengakselerasi penambahan rekening dalam rangka pencapaian target inklusi keuangan menjadi sebesar 75%. Target itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

“Untuk itu, adik-adik disini harus sudah mulai rajin menabung supaya masa depan sejahtera,” tutur Noor Hafid.

Dalam acara ini diserahkan secara simbolis tabungan SimPel kepada 3 (tiga) pelajar yang terpilih, pembacaan Naskah Deklarasi “Aksi Pelajar Indonesia Menabung” oleh perwakilan pelajar, serta Pagelaran (wayang oleh) Dalang Cilik.

OJK memberi apresiasi kepada BPD DIY yang telah berpartisipasi menyelenggarakan kegiatan SimPel Day 2019. Hal ini menunjukkan komitmen OJK dan IJK untuk meningkatkan minat budaya menabung bagi siswa-siswi sekolah. Simpel Day 2019 ini memberikan edukasi pentingnya budaya menabung sekaligus melestarikan budaya daerah, karena dikemas dengan balutan budaya Pagelaran Dalang Cilik.

Menanamkan budaya menabung sejak dini memberikan banyak manfaat, seperti membantu belajar disiplin, mengajarkan untuk lebih menghargai uang, dan menghindari perilaku konsumtif. Selain itu, menabung juga mengajari mengelola keuangan secara lebih baik. Ke depannya generasi Indonesia memiliki kecakapan memaksimalkan potensi aset yang dimiliki untuk mencapai kesejahteraan.(ah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top