EKONOMI1

Edukasi Peran OJK Melalui Kunjungan Industri Pelajar SMKN 1 Kendal

MALIOBORO – Puluhan siswa dari SMKN 1 Kendal melakukan kunjungan industri ke Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Selasa (10/10). Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan Pengenalan Tugas Fungsi OJK & Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Kasubag Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK DIY, Asteria Diantika mengatakan, meskipun OJK merupakan salah satu materi yang ada di sekolah, akan tetapi masih banyak siswa yang belum memahami dan mengerti peran serta fungsi OJK. OJK yang baru hadir dalam 6 tahun terakhir memang perlu berjuang keras untuk melakukan fungsinya serta memahamkan apa dan siapa OJK itu kepada masyarakat.

“Dulu fungsi pengawasan lembaga keuangan dilakukan oleh Bank Indonesia. Dengan kehadiran OJK, sekarang fungsi BI dialihkan ke OJK tetapi ada tambahan fungsi lagi,”tuturnya.

Salah satu tugas tambahan tersebut adalah mengawasi pasar saham atau investasi. Melalui peran tambahan ini, OJK harus bisa memperkenalkan investasi yang aman dan baik sehingga masyaraka tidak ada yang terjebak investasi bodong.
Kepala Bidang Studi Jurusan Akuntansi SMKN 1 Kendal, Nur Dani Palupi mengatakan, kunjungan industri memperkenalkan dunia industri sesuai dengan program jurusan. OJK tempat yang sesuai untuk belajar tentang industri keuangan. Di samping kegiatan sebagai bekal tambahan praktik kerja industri di lembaga keuangan baik bank maupun nonbank. (Erfanto Linangkung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top