BISNIS

Fintech Wealth Management mendorong perkembangan investor pasar modal

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta- Minat investor terhadap pasar modal Indonesia tidak surut di tengah pandemi Covid-19. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, jumlah investor tetap bertumbuh sepanjang tahun 2020. Investor pasar modal mencapai 3,87 juta. Jumlah investor saham, obligasi, dan reksadana meningkat 55,83% dibandingkan akhir tahun 2019.

Kenaikan jumlah investor di masa pandemi tidak terlepas dari peran perkembangan teknologi informasi yang memberikan akses yang mudah untuk masyarakat mengakses sumber literasi keuangan terutama di bidang investasi.

Saat ini sebanyak 54,52% Single Investor Identification (SID) atau sekitar 2,11 juta investor memiliki rekening investasi di Selling Agent Fintech.

Fintech wealth management terus berusaha meyakinkan masyarakat dalam berinvestasi bersama dengan cara menjelaskan ke masyarakat bahwa berinvestasi harus lebih mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Stefanus Adi Utomo menjelaskan dengan adanya fintech untuk sektor wealth management akan lebih mempermudah masyarakat untuk bisa berinvestasi di pasar modal. “Peranan fintech juga berpengaruh untuk membesarkan industri” ungkapnya.

Dengan adanya perkembangan teknologi fintech juga akan lebih mempermudah para investor tanpa perlu tatap muka cukup dengan mengunduh aplikasi nya dan investor dapat melihat nilai dari investasinya setiap hari sehingga menjadi lebih transparan.

“Tentang tantangan yang dilalui fintech, generasi milenial sangat mudah untuk mengikuti perkembangan teknologi saat ini, sedangkan untuk generasi baby boomers tentunya lebih membutuhkan edukasi, sosialisasi, dan waktu yang cukup lama” ujar Robert Tanjani Business Director Moduit Advisor Partner.

Robert Tanjani mengungkapkan fintech sendiri juga sudah memiliki sistem internal dalam memfilter produk-produk juga partner-partner yang akan diajak kerja sama dan sudah melakukan kurasi terhadap produk partner dan juga produk-produk kami.

Dengan adanya fintech yang berkaitan dengan wealth management diharapkan masyarakat dapat lebih bisa percaya dan merasa aman jika ingin menjadi bagian dari para investor, jika ingin berinvestasi para investor diharapkan juga paham mengenai investasi terlebih dahulu atau memiliki konsultan mengenai investasi. (wd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top