Berita Terkini

HEADLINE
January 23, 2020

DPD Perbarindo DIY Bagi-bagi Hadiah Tabungan Tamasya Plus Periode 32

ASURANSI
January 8, 2020

Asuransi Sinar Mas Serahkan Asuransi Mikro dan Celengan Impian bagi 6.705 Pegiat UMKM di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

HEADLINE
January 2, 2020

Perdagangan Bursa 2020 Dibuka Jokowi, OJK Dorong Pasar Modal Transparan dan Kredibel

HEADLINE
December 23, 2019

Anti Mainstream! Bukan Uang atau Perhiasan Pasangan di Klaten Menikah dengan Mahar Ini

HEADLINE
December 12, 2019

Program Kredit Merapi “Meraih Mimpi” Diluncurkan Perbarindo DIY

EKONOMI
December 12, 2019

DIY Akan Lakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

PERBANKAN
December 12, 2019

Bank BPD DIY Undi Masyarakat Yang Bayar Pajak Kendaraan Lewat E-Samsat

ASURANSI
December 11, 2019

Gelar Aksi Donor Darah, Jasa Raharja Ingin Lebih Bermanfaat

Cycling
December 9, 2019

Jambore FKIJK Cycling Community Tutup Rangkaian HUT Ke-8 OJK di DIY

OJK
December 9, 2019

Jalin Sinergi, OJK DIY Gelar Gathering Media

AAUI
November 26, 2019

Fokus di Human Capital, AAUI Gelar HR Insurance – Reinsurance Networking di Yogyakarta

OJK
November 26, 2019

Wimboh: Pemerintah All Out Mendorong UMKM Jadi Andalan Ekonomi DIY

OJK
November 26, 2019

Peringati Hari Guru, OJK DIY Gelar Aksi “Gerakan Indonesia Menabung”

SYARIAH
November 25, 2019

Porseni Asbisindo DIY Ke-8 Tahun 2019 Dibuka Ketua OJK DIY

BPR
November 23, 2019

BPR Kurnia Sewon Resmikan Kantor Baru

SOSIAL BUDAYA
November 19, 2019

Sri Sultan Hamengku Buwono IX Adalah Pegawai Negeri Pertama di Indonesia

SOSIAL BUDAYA
November 18, 2019

ACT DIY Respon Dampak Konflik Kemanusiaan di Gaza, Palestina

SYARIAH
November 18, 2019

Bank Syariah BDS Tumbuh Sehat dan Kuat di Milad ke-12

TIPS AND TRICK
November 8, 2019

Anti Grogi Bicara dengan Media Radio dan Televisi

ASURANSI
November 4, 2019

Rangkaian Hari Asuransi 2019 Ditutup dengan Jalan Sehat dan Insurance Idol

FKIJK Institute

fkijk-institute

Kebutuhan peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia bagi industri keuangan semakin tinggi. Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang inovatif dan kreatif di bidang keuangan ditekankan agar dapat memenuhi kebutuhan industri keuangan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum.

Untuk itulah, Forum komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) Daerah Istimewa Yogyakarta berinisiatif untuk mengembangkan lembaga pendidikan keuangan bernama FKIJK Institute. Pendirian FKIJK Institute diresmikan pada tanggal 20 Maret 2017, berkedudukan di Yogyakarta dan digawangi oleh Heru Suryono, SE sebagai Direktur, serta duduk seba­gai dewan pengawas Drs. Bambang Setiawan, MBA dan Drs. Iyan W Rachmat, MM.

FKIJK Institute ini adalah lembaga pendidikan yang mengasah hard skill dan soft skill di bidang keuangan yang menggunakan konsep edutainment. Menurut Direktur FKIJK Institute, Heru Suryono, SE., konsep edutainment digunakan karena pada dasarnya para pelaku industri keuangan sudah sangat sibuk dijejali dengan berbagai target dan rutinitas yang harus terpenuhi. Oleh karena itu dengan training yang berlangsung dalam suasana yang kondusif dan menyenangkan, mengandung unsur hiburan, bebas dari tekanan akan menjadikan proses belajar menjadi rileks, dengan memperhatikan dan menghargai segala potensi dan gaya belajar peserta didik serta meng-gunakan teori-teori atau fasilitas-fasilitas yang mendukung.

FKIJK Institute selalu up to date dan sesuai dengan perkembangan serta kebutuhan sektor industri keuangan. Selain itu, FKIJK Institute proaktif bekerja sama dengan mitra strategis dan potensial, baik swasta, pemerintah, dan masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka me­ningkatkan posisi FKIJK Institute, baik di tingkat nasional maupun global.

Secara regular FKIJK Institute me­nyelenggarakan kegiatan workshop, seminar serta berbagai kegiatan edukasi lainnya dengan topik-topik yang menarik dan merupakan isu terkini dan aktual dalam bentuk FKIJK Seminar, CEO Talk, Visiting Lecturer, Studium Generale, FKIJK Institute Awards, dan lain-lain.

FKIJK Institute menawarkan program pengembangan sumber daya manusia baik dari sisi hard skill maupun soft skill. Hal itu didasari oleh pemikiran bahwa di dalam dunia kerja sektor keuangan dibutuhkan tidak hanya kepandaian akademik/teknis (hard skill) saja, namun juga nonakademik (soft skill), seperti integritas, motivasi, etika, kerja sama tim, kepemimpinan, kemauan belajar, komitmen, mendengarkan, tangguh, fleksibel, komunikasi lisan, jujur, berargumen logis, tahan banting, kompetisi, ulet, dan seba­gainya.

Selain training di dalam kelas, FKIJK Institute memberikan fasilitas training untuk relaksasi seperti pariwisata, out bond training and activites, dan sebagainya untuk mengasah kemampuan interpersonal, intra personal, dan teamwork.

FKIJK Institute bertujuan untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan, pelatihan, dan peningkatan keahlian sumber daya manusia.

Visi FKIJK Institute

Menjadi lembaga yang terpercaya dalam pemberdayaan, pengembangan sumber daya manusia yang cerdas dan bertanggung jawab membangun bangsa Indonesia.

Misi FKIJK Institute:

  1. Mengembangkan konsep pem-berdayaan dan pengembangan sum­ber daya manusia dalam bing­kai spiritual sekaligus nasionalis.
  2. Mengembangkan dunia pen­di­­dikan, pengabdian dan pem­berdayaan masyarakat.
  3. Menjalin kerja sama dengan lembaga lain yang terkait dalam rangka kemajuan bersama yang saling menguntungkan.
  4. Membantu mencerdaskan keahlian dan kemampuan seluruh masyarakat.

Di dalam menjalankan tujuan­nya, FKIJK Institute meng­upayakan program. Pertama, di bidang Pendidikan, meliputi penye­lengga­raan pendidikan industri jasa ke­uangan serta penyelenggaraan kur­sus dan sertifikasi bagi anggota industri jasa keuangan. Kedua, Pengembangan Sumber Daya Manusia, meliputi community based development; seminar, training, dan workshop; serta publikasi dan diseminasi informasi berupa penerbitan buku, majalah, buletin, brosur, dan radio komunitas. Ketiga, berupa bantuan konsultasi yang berkaitan dengan administrasi dan manajemen usaha; human resources development; public relation; kebi­jakan publik; pengembangan usaha khususnya usaha kecil; perencanaan dan pendampingan program baik swasta maupun pemerintah; serta teknologi informasi.

Sampai April 2017, FKIJK Institute telah melaksanakan train­ing pengembangan sumber daya manusia industri keuangan antara lain: pertama, Collection Management Excellent, Make High Profit dengan pengajar Pramono Hadi, Akt, CRBD, MM dan Communications Skill oleh Dr. Aqua Dwipayana pada tanggal 19 – 20 April 2017. Kedua, training “Transformational Leadership” dengan pengajar Drs. Bambang Setiawan, MBA dan “The Power od Soul – Anything is Possible” oleh Dr. Fauzi Nugroho, SE., MM., CTSI pada tanggal 22 April 2017. Kedua training tersebut diikuti oleh 50 pelaku industri jasa keuangan se DIY.

Pada tanggal 22 Mei 2017 FKIJK Institute menggelar training “Create a Good Press Release to Reach an Excellent Promotions” dengan pengajar Drs. H. Heri Purwata bagi para pelaku industri keuangan di bidang komunikasi perusahaan maupun kehumasan.