SAHAM

Gedung Baru BEI Yogyakarta Diresmikan

Gedung Baru BEI

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – Untuk meningkatkan peran Bursa Efek Indonesia pada pemerataan ekonomi Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia meresmikan Kantor Bursa Efek Indonesia Perwakilan Yogyakarta yang baru di Jl. Pangeran Mangkubumi 84, Yogyakarta, Jumat (26/7). Peresmian dilakukan oleh Anggota Dewan Komisioner OJK, Ketua Eksekutif Pengawas Pasar Modal, M. Husein.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia, Inarno Djajadi menyampaikan bahwa untuk meningkatkan sosialisasi dan edukasi pasar modal pada seluruh masyarakat Yogyakarta, BEI perlu untuk memiliki kantor tersendiri. Ini adalah kantor perwakilan BEi kelima yang dimiliki sendiri asetnya oleh PT Bursa Efek Indonesia. Diharapkan keberadaan BEi Perwakilan Yogyakarta bisa semakin meningkatkan single investor identity (SID) dari 21ribu atau 0,5% penduduk DIY, sehingga jumlah investor semakin meningkat dan emiten dari DIY juga bertambah.

“Saat ini baru ada 2 menuju 3 emiten yang melantai di bursa, dan baru ada 21 ribu single investor Identity (SID) atau hanya 0,5%,” kata Inarno Djajadi.

Inarno melanjutkan BEI Kantor Perwakilan Yogyakarta saat ini mempunyai 35 Galeri Investasi di kampus-kampus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan adanya kantor baru ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi DIY.

Dalam kesempatan ini Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap jika kantor BEI perwakilan Yogyakarta bisa menambah referensi bagi para investor dan pelaku usaha di DIY bisa ber. Menurut Haryadi masyarakat belum tahu apa itu “efek” atau surat berharga.

“Surat berharga itu punya keunggulan dibanding produk keuangan lain. Efek ini harus jelas sehingga masyarakat bisa memanfaatkan dan berinvestasi di pasar modal,” tutur Haryadi.

Anggota Dewan Komisioner OJK, M Husein menuturkan bahwa Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia ini penting untuk pemerataan ekonomi Indonesia.

“Sudah terlalu lama ekonomi Indonesia ini dinikmati oleh Jakarta saja. Untuk itu OJK akan menerbitkan peraturan pendirian Perusahaan Efek Daerah. Pihak-pihak di daerah nanti akan punya basis investor di daerah,” tutur Husen.

Husen berharap dengan kantor perwakilan BEI Yogyakarta dan perusahaan efek daerah bermanfaat “job creation” buat masyarakat di Yogyakarta dan sekitarnya. (ah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top