EKONOMI

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah IMF Annual Meeting 2018

peter-jacobs-international-monetary-fund

MALIOBORO – Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan internasional, IMF Annual Meeting 2018. Pertemuan internasional ini rencananya akan diselenggarakan selama sepekan mulai tanggal 8 hingga 14 Oktober 2018 dan akan dihadiri oleh ribuan perwakilan dari berbagai lembaga keuangan dan perwakilan masing-masing negara yang menjadi anggota IMF.

Kepala Satuan Tugas Pertemuan Tahunan IMF – World Bank 2018, Peter Jacobs mengungkapkan, pertemuan ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi Indonesia. Dengan pertemuan ini diharapkan mampu mendongkrak industri pariwisata serta juga ke depan mampu menambah jaringan perdagangan Indonesia.

“IMF Annual Meeting akan dihadiri oleh perwakilan 189 negara, CEO Lembaga keuangan dan setidaknya ada sekitar 15.000 orang yang akan hadir dan semuanya orang penting,” tuturnya.

Annual Meeting ini sangat penting untuk mendongkrak industri pariwisata di tanah air. Berdasarkan pengalaman dari penyelenggaraan serupa di Peru, IMF Annual Meeting 2018 ini mampu mendongkrak industri pariwisata sekitar 6,08% di negara tersebut. Tentu hal tersebut membawa dampak yang cukup signifikan bagi pendapatan masyarakat.
Indonesia merupakan salah satu dari 4 negara ASEAN yang dipercaya menjadi penyelenggara IMF Annual Meeting. Sebelumnya Filipina, Thailand dan Singapura pernah menjadi negara yang menyelenggarakan pertemuan tahunan ini. Diharapkan, dengan adanya acara ini nanti akan mampu mendongkrak perekonomian Indonesia ke depannya.

Oleh karena itu, yang menjadi pekerjaan rumah Indonesia adalah bagaimana memanfaatkan yang hadir untuk bisa perdagangan dengan Indonesia. Untuk industry pariwisata, sangat jelas dampaknya karena berdasarkan hasil promosi yang mereka lakukan di Washington minimal sudah ada 4.000 orang yang mendaftar untuk tour keliling Indonesia.
“Ini masih setahun sudah ada 4.000 orang yang mendaftar. Saya yakin akan bertambah lagi,”tambahnya.
Dampak lain adalah hunian hotel di Pulau Dewata akan terdongkrak. Saat ini, tingkat bookingan hotel di kawasan Nusa Dua Bali sudah luar biasa. Hotel Nusa Dua sudah kehabisan kamar sehingga meluber ke kawasan sekitar Nusa Dua Bali. (erfanto linangkung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top