TIPS AND TRICK

Ini yang Perlu Dilakukan untuk Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah

MALIOBORO.NEWS – Di tengah pandemi COVID-19 ini banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH), tak terkecuali di industri keuangan. Beberapa karyawan akan bekerja dari rumah untuk pertama kalinya.

Mereka akan mencari tahu bagaimana tetap bertugas di lingkungan baru agar tetap produktif. Berikut ada beberapa cara yang bisa digunakan agar Anda tetap produktif meski kerja dari rumah, mulai dari menyiapkan ruang kerja yang nyaman hingga cara Anda berkomunikasi dengan tim Anda.

1. Bangun Komunikasi dengan Tim Secara Aktif

Kunci bekerja dari rumah adalah komunikasi yang jelas dengan pimpinan anda, dan tahu persis apa yang diharapkannya dari anda. Anda bisa menanyakan ke pimpinan apakah bisa berkomunikasi dengan tim pada 10 menit awal dan akhir jam kerja.

2. Perlakukan Ini “Benar-benar Bekerja”

Jika anda tidak punya ruang kerja di rumah, anda bisa mengeset satu sudut rumah khusus untuk bekerja agar produktivitas kerja tetap terjaga. Meski di rumah bisa bersantai, tetapi harus diingat bahwa anda sedang bekerja, sehingga sebisa mungkin hindari bekerja sambil rebahan. Lebih baik anda bekerja secara ergonomis di belakang meja supaya nyaman. Mindset ini yang harus betul-betul dijaga, termasuk mengatur jam kerja produktif.

3. Jangan Merasa Terisolasi

Isolasi yang berkepanjangan akan berdampak pada semangat dan produktivitas. Buatlah kemiripan keadaan saat bekerja normal dan suasana persahabatan dengan cara yang tidak biasa, seperti berbagi menu makan siang, dan keceriaan kerja di tempat masing-masing melalui aplikasi video conferrence. Lakukan video call dengan rekan kerja supaya anda tidak merasa terisolasi.

4. Tetap Semangat

Ini memang keaadaan yang tidak normal. Berita-berita negatif dari media dan media sosial bisa membuat anda cemas dan panik, yang justru akan menjadikan kondisi fisik dan mental anda tidak baik. Semakin banyak upaya yang anda lakukan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, semakin besar peluang anda untuk menghindari perasaan terisolasi, yang dapat menyebabkan gangguan kecemasan bahkan depresi. Tetap Semangat ya, guys! (ah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top