SAHAM

Inovasi Edukasi Digital untuk Pasar Modal Indonesia

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta- Bursa Indonesia (BEI) selenggarakan Launching Inovasi Edukasi Digital untuk pasar modal indonesia secara virtual pada (12/03).

Direktur Utama PT BEI Inarno Djajadi kegiatan peluncuran ini dilakukan upaya meningkatkan pertumbuhan investor ritel khususnya dikalangan akademisi dan stakeholder. Tentunya ini juga menjadi momen yang tepat untuk menjalin silahturahmi dan hubungan baik antara stakeholder, direksi anggota bursa dan mitra investasi BEI yang ada di seluruh Indonesia.

Bursa Efek Indonesia berhasil meluncurkan empat terobosan baru dari inovasi edukasi digital BEI atara lain IDX Virtual Tour 360, halaman edukasi investasi, kompetesi GI BEI IDX GI aton, galeri investasi edukasi BEI dan galeri investasi digital BEI. Kami harapkan dengan diluncurkan inisiatif baru tersebut dapat meningkatkan literasi dan edukasi pasar modal berbasis digital serta meningkatkan pertumbuhan investor ritel khususnya dikalangan akademisi dan stakeholder.

Ketua eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK Hoesen “Sebagaimana kita ketahui bahwa tingkat literasi dan inklusi masyarakat terhadap pasar modal masih tergolong rendah. Kami berharap dengan diluncurkannya inovasi edukasi digital Pasar Modal Indonesia, tingkat literasi dan inklusi tentang pasar modal akan meningkat,” tuturnya.

Dia menambahkan, menurut catatan OJK, tingkat literasi masyarakat tentang Pasar Modal Indonesia hanya sekitar 4% lebih, sedangkan tingkat inklusi bari 1% lebih.

Kehadiran Inovasi Edukasi Digital, tentu menjadi optimisme baru untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pasar Modal Indonesia.

Per Februari 2021, OJK mencatat sudah ada 46 perusahaan atau emiten baru yang melantai di pasar bursa [IPO]. Jumlah ini merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan ASEAN.

Per periode yang sama, OJK juga mencatat jumlah investor meningkat, dengan total 4,5 juta investor atau naik 16% jika dibandingkan per 31 Desember 2020 lalu dengan jumlah 3,8 juta Investor.

Direktur pengembangan BEI Hasan Fauzi mengatakan, hingga kini tercatat sekitar 500 galeri investasi di Tanah Air. Inovasi Edukasi Digital untuk Pasar Modal Indonesia merupakan era baru yang mampu melampaui sekat ruang dan waktu.

“Inovasi Edukasi Digital ini adalah sarana bersinergi dan berkolaborasi untuk pasar modal indonesia berkualitas,” ungkapnya. (wd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top