BISNIS

Jadi UKM Yang Media Darling

Foto Jadi UKM Media Darling dari Ruudd Keerr Photography

MALIOBORO – Rumah Kreatif Jogja (RKJ) mengadakan workshop kepada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) tentang bagaimana UKM dapat menjadi Media Darling di gedung RKJ, Sagan Kidul Yogyakarta (19/1). Pemateri workshop ini adalah Agung Purwandono yang juga merupakan konsultan media. Media Darling adalah kesempatan UKM untuk dapat berpromosi lewat media dengan baik.

Agung Purwandono menjelaskan UKM dapat menjadi kesayangan media apabila UKM tersebut mudah dihubungi, ramah, terbuka dengan media dan punya nilai berita. Nilai berita adalah standar yang dipakai oleh media untuk menentukan apakah suatu hal dapat dimuat di media. Standar universal yang dipakai adalah dimana suatu berita mengandung untur penting dan/atau unsur yang menarik.

“Berita dapat mengandung nilai penting itu misalnya ketika memuat artikel tentang produk bakso sehat pada kondisi pasar normal maka itu dilihat belum begitu penting untuk dimuat oleh media. Tetapi apabila ada kondisi pasar dimana ada isu berita bakso babi, maka berita tentang bakso sehat itu penting untuk dimuat. Sedangkan berita itu dianggap menarik apabila memiliki nilai kandungan aktualitas, kedekatan, ketenaran dan manusiawi”, kata Agung.

Agung juga mengungkapkan ketika UKM memilliki usaha yang menarik, biasanya wartawan akan mengejar untuk dimuat sebagai konten berita. Contohnya UKM yang memiliki kandungan khusus akan produknya, proses pembuatan yang menarik, ataupun dapat juga tentang sejarah rintisan usahanya.

Media memiliki fungsi manfaat agar UKM dapat dikenal oleh publik dengan pemberitaannya ke masyarakat luas, baik itu media lokal maupun media nasional. Hal itu dikarenakan kebanyakan media nasional menayangkan program maupun berita yang berasal dari berita menarik di media lokal.

UKM dapat juga memanfaatkan layanan advertorial di media untuk mempromosikan produknya. Advertorial adalah sarana yang disiapkan media untuk para pengusaha untuk mempromosikan produknya melalui halaman berita khusus yang berhubungan dengan iklan.

“Kunci sukses agar UKM dapat menjadi kesayangan media adalah percaya diri” tandas Agung.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top