BISNIS

Jumlah Penumpang Turun, Extra Flight Tak Beroperasi Sepenuhnya

extra flight

MALIOBORO.NEWS – Jumlah pengguna pesawat terbang di Bandara Adisutjipto pada masa libur Natal dan Tahun Baru kali ini, jumlah penumpang pesawat terbang di Bandara Internasional Adisutjipto mengalami penurunan dibanding dengan jumlah penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Otoritas Bandara Internasional Adisutjipto mencatat jumlah penumpang bandara selama libur Natal dan Tahun Baru ini terkoreksi sekitar 4,5 persen dibanding dengan liburan yang sama tahun sebelummnya. Penurunan jumlah penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru kali ini memang di luar prediksi sebelumnya.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengakui penurunan jumlah penumpang hingga angka 4,5 persen selama libur Natal dan Tahun Baru tersebut baginya cukup lumayan. Sebelumnya PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto memprediksi pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini akan terjadi kenaikan jumlah penumpang hingga 5 persen dibanding dengan hajatan yang sama tahun 2017 yang lalu.

“Ternyata prediksi tersebut meleset karena realisasinya justru terjadi penurunan,”terangnya.

Penurunan jumlah penumpang tersebut berimbas terhadap jummlah maskapai yang beroperasi selama libur Natal dan Tahun Baru. Sejumlah penerbangan ekstra flight (tambahan jadwal penerbangan) yang diajukan oleh pihak maskapai juga tidak digunakan sebab penerbangan tambahan yang diajukan oleh maskapai cukup banyak.

Dalam sehari, selama libur Natal dan Tahun Baru kemarin jumlah ekstra flight yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang hanya sekitar 3-4 kali penerbangan saja. Padahal sebelumnya, sebanyak 7 maskapai penerbangan yang melayani rute Yogyakarta (Adisutjipto) telah mengajukan penerbangan tambahan sebanyak 30 kali.

“Karena jumlah penumpang mengalami penurunan, maka hanya sebagian kecil penerbangan tambahan tersebut yang terisi oleh penumpang,”tuturnya.

Menurut Agus, ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan jumlah penumpang tersebut. Salah satunya akibat beroperasinya tol Trans Jawa yang menghubungkan Jakarta-Surabaya. Tol Trans Jawa yang beroperasi secara gratis ini selama libur Natal dan Tahun Baru tersebut membuat masyarakat penasaran.

Kendati mengalami penurunan jumlah penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru tersebut, namun jika dibandingkan dengan hari biasa tetap saja ada peningkatan. Pihakya mencatat jika pada hari biasa jumlah penumpang pesawat terbang di bandara ini mencapai 23.000 orang perhari, namun pada libur Natal dan Tahun Baru ini rata-rata penumpang mencapai 27.500 perhari.(erf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top