EKONOMI

Kendalikan Harga Bahan Pokok, Kemendag Gelar Pantauan Harga di Pasar Tradisional

Kemendag Gelar Pantauan Harga

MALIOBORO.NEWS – Kementerian Perdagangan bersama Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama menjaga stabilitas harga dan stok barang kebutuhan pokok di Yogyakarta menjelang Puasa dan Lebaran 2019/1440H. Untuk memastikan kondisi harga dan stok barang kebutuhan pokok aman, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indrasari Wisnu Wardhana melakukan pemantauan langsung ke pasar rakyat dan menghadiri rapat koordinasi (rakor) bersama para pemangku kepentingan di Yogyakarta.

Wisnu mengatakan, pemantauan langsung ke lapangan ini sudah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut dan mempunyai dampak yang positif terhadap pengendalian harga terutama menjelang hari besar keagamaan. Pemantauan langsung juga dilakukan agar bila terjadi gejolak harga, pemerintah dapat segera mengambil tindakan.

Selain pemantauan lapangan, pihaknya juga melakukan rapat koordinasi (Rakor) di Yogyakarta. Rakor ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sebagai tindak lanjut arahan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada Rakornas HBKN di Bandung pada 20 Maret 2019.

Dalam Rakornas tersebut, Mendag menjelaskan salah satu mandat Presiden Republik Indonesia yaitu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bapok serta mengutamakan penyerapan produksi dalam negeri. Selain itu, Mendag juga menjelaskan empat langkah strategis yang telah disiapkan Kemendag dalam menyambut HBKN tahun ini.

Pertama, penguatan regulasi yaitu peraturan presiden terkait penempatan dan penyimpanan bahan pokok penting; harga acuan dan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras, harga khusus, pendaftaran pelaku usaha distribusi bapok, penataan dan pembinaan gudang, serta pencantuman label kemasan beras.

Kedua, pemantauan dan pengawasan yang akan dilakukan oleh Eselon I Kemendag bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Satgas Pangan di seluruh wilayah Indonesia. Langkah ini untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga, termasuk menjamin pendistribusian bapok.

Langkah ketiga, penatalaksanaanya itu melakukan rapat koordinasi (rakor) dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan pelaku usaha; fasilitasi dengan BUMN dan pelaku usaha; serta penugasan BULOG. Keempat, melalui upaya khusus yaitu penetrasi ke pasar rakyat dan ritel modern.

Harga dan Pasokan Bapok Stabil dan Aman

Berdasarkan hasil pemantauan periode 2 Mei 2019, harga bapok di Yogyakarta relatif stabil. Tercatat harga di Pasar Beringharjo, Yogyakarta untuk beras medium Rp9.250/kg—Rp10.000/kg, beras premium Rp10.500—12.500/kg, minyak goreng curah Rp10.000/liter, gula pasir Rp12.500/kg, cabai merah keriting Rp15.000/kg, telur ayam ras Rp24.000/kg, daging ayam ras Rp 34.000/kg, daging sapi Rp115.000/kg, bawang merah Rp25.000—Rp27.000/kg, bawang putih honan Rp45.000—Rp50.000, dan bawang putih kating Rp50.000—Rp55.000.

“Hasil pantauan kita, harga barang kebutuhan pokok relatif stabil, bahkan beberapa komoditas cenderung turun. Komoditas seperti bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit harganya turun. Harga beras stabil. Sedangkan harga bawang putih juga sudah mulai mengalami penurunan jika dibandingkan beberapa minggu lalu, walaupun belum kembali pada kondisi harga normal kurang lebih Rp.25.000/kg di tingkat eceran ,” jelas Wisnu.

Untuk menurunkan harga bawang putih yang harganya masih relatif tinggi, Kemendag sudah memanggil para importir bawang putih dan para importir telah diminta untuk mengeluarkan stok bawang putih untuk dijual melalui mekanisme operasi pasar. Upaya ini perlahan telah menurunkan harga bawang putih.

Di Yogyakarta sendiri, operasi pasar bawang putih sudah dilakukan sebanyak 8 ton pada tanggal 27 April 2019. Selanjutnya, akan dipasok bawang putih tambahan ke Pasar Beringharjo untuk memenuhi kebutuhan para pedagang sehingga diharapkan harga bawang putih dalam satu hingga dua minggu ke depan dapat segera terkoreksi kembali mengingat saat ini bawang putih yang diimpor sudah mulai masuk ke pelabuhan. (erf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top