HEADLINE

Korporasi dari DIY Berminat Jadi Perusahaan Efek Daerah

perusahaan-efek-daerah-akan-segera-dibentuk

Perkembangan pasar modal di tanah air yang terus meningkat menjadikan berbagai perusahaan berniat bermain di dalamnya. Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkap sejumlah korporasi lokal berminat menjadi perusahaan efek daerah cukup tinggi, salah satunya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

BEI sendiri optimis perusahaan efek daerah cepat terbentuk setelah seluruh persiapan regulasi dan infrastruktur selesai dilakukan. Terbukti bebeberapa korporasi khususnya yang ada di Pulau Jawa seperti dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Barat ataupun Jawa Timur menyatakan minatnya untuk menjadi perusahaan efek daerah.

Direktur Utama BEI, Inarno Djajadi mengungkapkan, sejak BEI memunculkan niatnya untuk mengakomodir korporasi di daerah bisa menjadi perusahaan efek daerah, banyak yang menyatakan minatnya. Setidaknya ada 10 perusahaan yang sudah berminat menjadi perusahaan efek di daerah.

“Memang masih didominasi dari Pulau Jawa. Namun kami membuka kesempatan perusahaan dari mana saja untuk menjadi pilot project uji coba perusahaan efek daerah, termasuk dari DIY ataupun bahkan dari luar Jawa,” ujarnya.

Salah satu yang akan mereka matangkan adalah penyiapan back office system yang akan mendukung operasional perusahaan efek daerah nanti. BEI kini tengah berusaha merampungkan persiapan infrastruktur dan pembentukan anak perusahaan BEI di bidang informasi.

BEI menargetkan pembentukan perusahaan efek daerah akan dilaksanakan awal tahun depan, sehingga seluruh sistem pendukung harus selesai maksimal akhir tahun ini. Di samping sistem, regulasi pun juga akan diupayakan selesai akhir tahun ini, sehingga tahun depan perusahaan efek daerah sudah bisa beroperasi secara resmi.

“Jadi sistem back office harus ada terlebih dahulu. Karena itu mendukung operasional perusahaan efek daerah,” tambahnya. (erf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top