Uncategorized

Kunjungi Yogyakarta, Presiden Jokowi Salurkan Bantuan Tunai untuk PKL dan Warung


MALIOBORO.NEWS, YOGYAKARTA – Presiden Jokowi meresmikan peluncuran Program Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) di Jalan Malioboro, Sabtu (09/10). Pada acara itu hadir pula Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Program ini diberikan kepada pelaku usaha mikro yang terkena dampak penerapan PPKM pada masa pandemi. Jokowi berharap program ini dapat mendorong pemulihan ekonomi seluruh lapisan masyarakat, dimulai dari PKL dan pemilik warung. Nantinya program BT-PKLW akan dilakukan di wilayah lain di Indonesia.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, bantuan tunai untuk pedagang kaki lima dan warung-warung kecil lewat TNI dan POLRI saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi.

Penyerahan bantuan tunai secara simbolis kemudian dilakukan oleh Presiden dan Menko Airlangga kepada dua perwakilan PKL yang hadir. Jokowi menegaskan, bantuan ini akan diberikan kepada 1 Juta PKL dan warung, di mana masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp1,2 Juta.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga berdialog dengan sejumlah perwakilan PKL dan pelaku usaha lainnya untuk mendapatkan masukan dan aspirasi mereka. Tak lupa ia juga menanyakan mengenai cukup atau tidaknya bantuan itu kepada para pelaku usaha di kawasan Malioboro.

“Cukup ndak Rp1,2 Juta? Menurut hitungan kita cukup. Dimulai pertama kali di kawasan Malioboro, Yogyakarta,” ujar Jokowi.

Untuk penyaluran bantuan, Presiden menginstruksikan TNI dan POLRI sebagai pelaksana. Kemudian petugas Babinsa atau Bhabinkamtibmas setempat akan melakukan pendataan pelaku usaha yang berhak menerima bantuan di lapangan. Menko Airlangga juga menegaskan bahwa penerima bantuan ini tentunya bukan penerima Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM). Yang terpenting, penerima harus berlokasi di wilayah PPKM level 3 dan 4.

HARAPAN KOMUNITAS PKL MALIOBORO

Rudiarto selaku Ketua Koperasi Paguyuban PKL Malioboro Tri Dharma, sangat mengapresiasi bantuan tunai yang diberikan Pemerintah di tengah situasi pandemi.

“Kami atas nama segenap komunitas PKL, andong, dan becak yang ada di kawasan Malioboro sangat bersyukur dan berterimakasih. Kami berharap kunjungan Bapak Presiden kali ini dapat membuka ruang bahwa kawasan Malioboro masih aman untuk dikunjungi. Semoga level (PPKM) juga dapat segera diturunkan,” ucap Rudi.(nil)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top