ASURANSI

Literasi Asuransi Oleh AAJI Cabang Yogyakarta

Literasi Asuransi Oleh AAJI

MALIOBORO.NEWS – Departemen Pendidikan FKIJK DIY kembali mengadakan literasi keuangan di Radio Smart FM (17/10). Kali ini AAJI Cabang Yogyakarta mengisi literasi yang rutin diadakan tiap minggunya. Literasi diisi oleh Ketua, Wakil Ketua 1, dan pengurus AAJI Cabang Yogyakarta.

Agus Setiadi selaku ketua AAJI Cabang Yogyakarta menyampaikan tentang pentingnya literasi asuransi bagi masyarakat Yogyakarta, supaya manfaat asuransi dalam rangka mensejahterakan masyarakat dapat berdampak nyata. Minimal kehati-hatian masyarakat dalam memilih asuransi adalah yang memiliki RBC (risk based capital) minimal 120% sesuai yang dipersyaratkan oleh Menteri Keuangan atau OJK.

Himawan Adhi, Wakil Ketua 1 AAJI Cabang Yogyakarta menyampaikan pentingnya mengetahui produk asuransi dari tiga utama, yakni manfaat sebuah produk, pengeculian dan batasannya, serta prosedur-prosedurnya. Setelah itu baru dilihat solvabilitas perusahaan asuransi, kecepatan dalam membayar klaim, dan kemudahan dalam pengurusannya.

Selain itu, Adhi menyampaikan risiko kehidupan bagi manusia itu ada 5 hal utama, yakni SK CAMAT (Sakit, Kecelakaaan, Cacat, Meninggal, Tua). Sehingga diharapkan masyarakat dapat membeli produk disesuaikan dengan kebutuham dan kemampuan untuk menutup celah-celah risiko kehidupan tadi dari sisi keuangan. Sebagai contoh, seorang yang sakit, begitu yang bersangkutan memiliki asuransi, maka biaya pengobatan tidak perlu keluar dari tabungannya.

Senada dengan yang dipaparkan oleh ketua AAJI di atas, Anang Ismawan, salah satu pengurus AAJI Cabang Yogyakarta juga memaparkan tentang manfaat lain dari asuransi yakni alternatif untuk tabungan atau investasi pendidikan. Karena saat ini biaya pendidikan yang semakin mahal, tak semua masyarakat mampu membayar bila tak menggunakan strategi nyicil lewat investasi.

Harapannya, masyarakat Jogja khususnya, dan Indonesia umumnya, semakin sadar asuransi, sehingga semua stake holder sama-sama mendapatkan manfaat. Dan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui perencanaan asuransi. (Zae)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top