KULINER

Menjanjikannya Usaha Kuliner di Jogja

kuliner malioboro

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – Yogyakarta dikenal dengan kekayaan budaya Jawa yang sangat kental dipadu dengan wisata alamnya membuat daya tarik banyak wisatawan. Luar biasanya lagi, Jogja tidak hanya ramai saat liburan saja.

Jogja juga memiliki ragam kuliner yang menggugah selera. Inilah mengapa usaha kuliner menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan di daerah pariwisata seperti kota Jogja.

Peluang usaha kuliner di Jogja ini pun menjadi lebih besar lagi jika melihat banyaknya mahasiswa dari berbagai daerah yang menuntut ilmu di kota ini.  Dengan dua alasan utama di atas, kota Jogja sangat menarik untuk bisnis kuliner karena hampir separuhnya diisi oleh para pendatang.

Usaha bisnis kuliner apa saja yang menanjikan?

1. Warung Gudeg
Gudeg adalah makanan khas Jogja yang paling terkenal. Gudeg memang menjadi sangat populer karena rasanya yang lezat, manis dan gurih. Gudeg merupakan olahan makanan yang dibuat dengan bahan baku utama nangka muda yang dimasak bersama santan.  Pada umumnya, pengusaha gudeg menyajikan dagangannya pada malam hari dari jam 9 malam saat toko-toko mulai tutup. Maka gudeg biasanya dijual di depan pertokoan yang ramai lokasinya, seperti di jalan-jalan protokol atau jalan utama seperti Malioboro.

2. Kedai Burjo
Burjo adalah singkatan dari bubur kacang ijo. Selain Burjo, Kedai Burjo juga menjual berbagai olahan mie instan. Mie instan diolah menjadi bermacam sajian yang sangat variatif yang tentunya terjangkau bagi kantong mahasiswa. Burjo seringkali menjadi tempat favorit mahasiswa saat akhir bulan. Peluang membuat usaha kuliner burjo di Jogja sangatlah menjanjikan mengingat potensinya yang begitu besar.

3. Angkringan
Angkringan adalah warung kopi yang juga berjualan gorengan, sate-sate, dan nasi kucing. Menu di angkringan harganya juga relatif murah. Seperti Kopi Jos, angkringan yang satu ini menjual kopi yang ditambahi dengan arang panas ke dalam cangkrinya. Sensasi minum kopi arang panas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Maka membuat angkringan dengan suatu ciri khas seperti Kopi Jos adalah kunci untuk memulai usaha ini.

4. Coffee Shop Kekinian
Selain makanan pokok seperti di Kedai Burjo, mahasiswa juga memerlukan camilan dan tempat yang fancy untuk melakukan kegiatan. Mahasiswa menggunakan cafe untuk menyelesaikan tugas, rapat atau sekadar nongkrong  dan berfoto ria bersama teman-teman. Maka usaha kuliner coffee shop biasanya akan membuat dekorasi secantik mungkin sehingga bisa menjadi spot foto yang Insta
gramable.(wid/rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top