BISNIS

Mudahnya Memasarkan Produk UMKM Melalui Instagram

instagram marketing umkm

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia. Di setiap pasca krisis yang terjadi di Indonesia perusahaan-perusahaan besar mengalami keruntuhan, namun UMKM mampu bertahan dan mampu menjadi penolong serta penggerak perekonomian Indonesia, termasuk di saat pandemi COVID-19 ini.

Saat daya beli dan permintaan masyarakat merosot tajam, dibutuhkan upaya, berbagai strategi pemasaran di media sosial untuk menumbuhkan permintaan konsumen. Pemberdayaan UMKM di saat pandemi COVID-19 dibutuhkan agar UMKM mampu mengikuti protokol kesehatan terutama jaga jarak fisik. Salah satu cara promosi yang efektif melalui media sosial adalah Instagram.

Saat ini, Instagram telah menjadi salah satu jejaring sosial yang marak digunakan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka.

Instagram diklaim lebih populer dibandingkan dengan media sosial lain, memiliki berjuta-juta pengguna aktif. Pengguna sebagian besar memanfaatkan menu-menu dalam aplikasi Instagram untuk mencari informasi produk online shop. Tidak heran apabila banyak yang tertarik menggunakan aplikasi Instagram sebagai sarana strategi pemasaran yang efektif dalam mencapai target dan menjangkau pasar. Ini dikenal dengan istilah instagram marketing.

Adapun manfaat penggunakan media Instagram sebagai strategi pemasaran produk-produk UMKM adalah sebagai berikut

1. Platform yang populer
Seperti yang kita tahu, Instagram sangat populer karena penggunanya yang begitu banyak. Kebanyakan dari pengguna tersebut, menghabiskan waktu rata-rata 28 menit  sehari untuk menjelajahi aplikasi ini di tahun 2020. Dan sudah jadi hal yang lumrah, jika mayoritas pengguna Instagram mengikuti akun toko online atau brand favorit mereka di Instagram.

2. Platform yang mengandalkan visual
Sekitar 65% populasi penduduk merupakan pembelajar visual (visual learners), itulah mengapa platform seperti Instagram punya banyak penggemar. Instagram memang terbukti unggul untuk urusan memamerkan dan menjelaskan produk.Dengan bantuan Instagram, sebuah bisnis dapat mem-branding dan membangun karakter bisnisnya. Sehingga, bisnis tersebut bisa menyasar target pasarnya

3. Memiliki jangkauan yang luas
Instagram memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak orang dari seluruh dunia. Apalagi, kini Instagram memiliki fitur tab explore khusus untuk toko online. Dengan fitur ini, toko online memiliki jangkauan yang lebih besar ke para penggunanya. Karena jangkauannya yang luas, bisnis Anda tentu jadi punya kesempatan untuk menarik pelanggan dari luar negeri.(wid)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top