OJK

OJK Dorong Inovasi Keuangan Digital Pada Sektor Jasa Keuangan

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta- Berkembangnya ekosistem keuangan digital mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menerbitkan Roadmap Inovasi Keuangan Digital (IKD) dan rencana aksi 2020-2024.

Dalam roadmap tersebut, terdapat tiga strategi regulasi dan supervisi dalam mendukung inovasi keuangan digital di Indonesia. Selain itu, adapula strategi rencana aksi OJK dalam mendorong IKD.

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Menyatakan roadmap ini diharapkan dapat berguna untuk mewujudkan industri jasa keuangan yang berdaya saing dan sesuai dengan kebutuhan masa depan.

Terkait dengan tiga strategi regulasi dan supervisi, OJK akan melakukan pengembangan kerangka kerja yang mendukung IKD. OJK juga menerapkan regulasi yang agile dalam artian melakukan pendekatan principle based terhadap regulasi IKD. Terakhir, akan ada pengawasan pada market conduct oleh OJK.

Untuk mendorong IKD, rencana aksi yang akan dilakukan OJK ialah meningkatkan perlindungan konsumen di era digital, perlindungan data konsumen, meningkatkan regulasi dan pengawasan fintech termasuk penggunaan teknologi regulasi, dan peningkatan dialog serta dukungan inovasi.

Selain itu, OJK juga akan fokus pada peningkatan perbaikan praktik industri fintech seperti keamanan siber. Adapula peningkatan yang akan dilakukan seperti peningkatan infrastruktur digital, regulasi capacity building untuk mendukung ekosistem fintech.(wd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top