EKONOMI

OJK Gandeng Guru SMA Jadi Agen Sosialisasi

MALIOBORO – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY menjadikan guru mata pelajaran ekonomi tingkat SMA dan MA menjadi trainer produk-produk jasa keuangan. Melalui kegiatan yang diselenggarakan OJK DIY di Hotel Grand Selera, Kamis (11/10), OJK menggembleng ratusan guru mata pelajaran ekonomi tingkat SMA dan MA se DIY.

Kegiatan bertajuk Training of Trainer Guru SMA & MA DIY – Pengenalan Tugas dan fungsi OJK ini mereka lakukan untuk meningkatkan pemahaman para guru tentang peran dan fungsi OJK serta lembaga keuangan lainnya. Guru dipilih menjadi salah satu sasaran kegiatan ini karena memang peran strategis mereka.

Kepala OJK DIY, Untung Nugroho mengatakan, guru itu posisinya sangat strategis karena bisa menjadi agen sosialisasi terkait dengan OJK dan informasi lembaga keuangan, karena mereka mengajar setidaknya 8 kelas dalam seminggu. Sehingga, usai gemblengan TOT terhadap guru, target selanjutnya adalah siswa SMA dan MA yang jumlahnya ribuan.

“OJK sudah mengeluarkan buku tentang peran dan fungsi OJK,”ujarnya.
Pengetahuan tentang keuangan sejak dulu memang belum ada. Yang ada hanya pelajaran tata buku. Namun, kelemahan di lapangan, teori tersebut tidak banyak diterapkan. Akibatnya banyak lulusan sekolah yang tidak siap memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, OJK perlu berperan dalam meningkatkan angka literasi keungan kepada para siswa. (Erfanto linangkung)

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top