KEUANGAN

OJK Harapkan KKMB Buat Data Base Masyarakat Tak Bisa Akses Lembaga Keuangan

MALIOBORO – Peran Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) untuk meningkatkan literasi keuangan hingga ke pelosok daerah. Karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengakses kredit ke perbankan.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, Untung Nugroho mengatakan, meskipun banyak yang mengungkapkan jika banyak masyarakat yang tidak bisa mengakses kredit. Kendati demikian, belum ada data yang pasti terkait hal tersebut.

“Oleh karena itu peran KKMB sangat dibutuhkan,”ujarnya saat training of trainers peningkatan pemahaman literasi keuangan bagi KKMB DIY di Hotel neo Awana, Selasa (17/4/2018).

Untung berharap agar KKMB bisa membuat basis data masyarakar UMKM yang mereka dampingi dan tidak bisa mengakses ke Bank. Basis data tersebut sangat penting menjadi sasaran peningkatan literasi keuangan Industri Keuangan DIY.

Laki-laki asli Piyungan Bantul ini juga mengharapkan data tersebut diunggah ke internet. Sehingga nantinya bisa diakses berbagai pihak yang lantas bisa menjadikan daftar data tersebut sebagai sasaran literasi.

“Dengan diunggah ke internet ini maka peran KKMB semakin maksimal,”tambahnya.

Menurutnya, KKMB harus bisa menjadi mediator antara nasabah dengan bank untuk bisa menguarai permasalahan kenapa masyarakat sulit mengakses ke Bank. Dengan data yang kuat tersebut bisa disampaikan ke regulator agar bisa dicari solusinya. (fan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top