EKONOMI

OJK Selenggarakan Training Of Trainers Konsultan Keuangan Mitra Bank DIY  

MALIOBORO – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerjasama dengan Asosiasi Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) Yogyakarta menyelenggarakan Training Of Trainers Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan Bagi KKMB di Hotel Neo Awana, Selasa (17/4/2018).

Kepala OJK DIY, Untung Nugroho mengatakan, KKMB merupakan mitra dari pemerintah untuk meningkatkan angka literasi keuangan. KKMB berperan menjadi mediator atau menjembatani antara Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan lembaga keuangan.

“KKMB diperlukan karena selama ini konon ada UMKM kesulitan mendapatkan kredit sementara perbankan juga kesulitan menyalurkan kredit,”ujar Untung di sela acara.

Selama ini, banyak beredar kabar jika kalangan UMKM tidak bisa mengakses kredit perbankan. Tetapi di sisi lain, perbankan banyak yang belum mampu menggapai target penyaluran kredit yang telah ditetapkan di awal tahun sebelumnya.

Meski banyak yang mengklaim UMKM tidak bisa mendapatkan kredit  dari perbankan, tetapi sampai saat ini masih belum ada data pasti terkait hal tersebut. Sehingga pihak otoritas atau regulator tidak bisa mengetahui kepastian permasalahan yang menyebabkan hal tersebut.

“Nah ini gunanya KKMB, kami harapkan mereka akan memiliki data pasti,”ujarnya.

Sekretaris KKMB Dewan Pengurus Daerah (DPD) DIY, Jumanudin mengungkapkan, dalam acara tersebut hadir setidaknya 100 anggota KKMB DIY. KKMB dibentuk dengan dasar Surat Keputusan Gubernur sehingga memiliki kekuatan hukum yang kuat.

“Training of Trainers ini untuk meningkatkan kapasitas dari KKMB agar bisa meningkatkan peran KKMB dalam pendampingan UMKM,”ungkapnya. (fan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top