OJK

Inisiatif OJK Tunjang Perkembangan Industri Keuangan Syariah Di Tanah Air

Industri Keuangan Syariah

MALIOBORO.NEWS – Pemahaman masyarakat akan industri keuangan syariah di tanah air terus mengalami peningkatan. Hal inilah yang menjadi penyokong utama perkembangan industri keuangan syariah dalam beberapa tahun terakhir. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakin, industri keuangan syariah akan terus berkembang mengingat potensi yang cukup besar di tanah air.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat Dan Manajemen Strategis OJK, Anto Prabowo mengatakan, Industri jasa keuangan syariah juga tumbuh positif selama 2018 tercermin dari pertumbuhan aset perbankan syariah dan pembiayaan syariah (BUS +UUS), serta aset IKNB syariah per oktober 2018 masing-masing tumbuh 7,09% ,9,52% dan 0,59%.

“Sementara itu, per 18 Desember 2018, NAB Reksa Dana Syariah, Sukuk Negara dan Sukuk Korporasi meningkat masing-masing 20,98% , 17,20% dan 40,48%,”papar Anto.

Kinerja sektor jasa keuangan yang cukup baik ini didukung oleh berbagai macam inisiatif yang diluncurkan OJK baik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi maupun menyediakan sumber dana pembiayaan jangka panjang. Untuk mendorong peningkatan peran serta keuangan syariah dalam mendukung penyediaan sumber dana pembangunan.

Di samping itu, OJK memfasilitasi pendirian Bank Wakaf Mikro (LKM Syariah) dan pelaksanaan kegiatan sosialisasi terkait keuangan syariah bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS). Terdapat 41 Bank Wakaf Mikro dengan nilai pembiayaan sebesar 9,72 milliar dan melibatkan 8.373 debitur.(erf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top