UMKM

Optimalkan WhatsApp Untuk Usaha UMKM

featured-whatsapp-business-untuk-bisnis

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi pesan yang banyak digunakan orang masa kini. WhatsApp sebagai salah satu media sosial yang sangat berpengaruh juga banyak digunakan oleh orang Indonesia.

Keberadaan WhatsApp saat ini sudah masuk ke ranah bisnis. Biasanya Whatsapp digunakan untuk komunikasi. Ternyata aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis untuk promosi dan mempermudah pertemuan untuk pelanggan dan pengusaha. Tidak heran jika WhatsAap juga menjadi salah satu alternatif sarana promosi khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

WhatsApp tidak hanya menyediakan platform gratis bagi pengguna untuk meningkatnya bisnisnya. WhatsApp juga telah bekerja sama dengan UKM Indonesia untuk memulai program pelatihan dengan lebih dari 3.500 pemilik UMKM di 12 kota di Indonesia.

Pelaku UMKM bisa menawarkan dagangan melalui WhatsApp Business. WhatsApp Business memiliki beberapa keunggulan karena memiliki fitur yang tidak dimiliki WhatsApp biasa. Fitur pada WhatsApp Business ini membantu dan mempermudah para pebisnis untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Dengan menggunakan akun WhatsApp Business ada banyak fitur yang dapat dimanfaatkan, berikut ini penjelasannya.

1.Akun Dapat Dilihat Sebagai WhatsApp Business

Bagi pelaku UMKM yang pengiriman pesan pada konsumen, maka konsumen akan mendapatkan notifikasi bahwa mereka sedang melakukan percakapan dengan akun bisnis. Dengan adanya notifikasi atau pemberitahuan ini, konsumen akan lebih percaya dengan usaha atau bisnis yang Anda jalankan. 

2.Tersedia Opsi Pesan Otomatis (Auto Response)

Fitur ini bisa mengirim pesan secara otomatis untuk membalas dan merespons pesan dari konsumen. Fitur ini akan sangat membantu untuk mengirimkan pesan kepada konsumen yang menghubungi nomor WhatsApp bisnis secara personal.

3.Tersedia Opsi Quick Reply (Balas Cepat)

Fitur quick reply atau balas cepat juga sangat membantu untuk menyapa, memberi respons atau informasi mengenai produk, dan mengucapkan terima kasih kepada konsumen yang sudah membeli produk yang dijual.

4.Tersedia Fitur Label Chat

Dengan tersedianya fitur label chat akan lebih mudah untuk membedakan dan mengelompokkan antara konsumen baru, konsumen lama, dropshipper, atau reseller. Juga bisa memberikan label chat untuk pembeli yang sudah melakukan pembayaran, menunggu pembayaran, pesanan selesai, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dan keinginan.(wid/rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top