UMKM

Pelaku UMKM Perlu Menerapkan Strategi Digital Marketing

digital marketing

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – COVID-19 hingga saat ini telah melumpuhkan berbagai sektor termasuk UMKM. Meski demikian, masih banyak pengusaha UMKM yang mengalami peningkatan penjualan saat bisnis lainnya berusaha untuk bangkit agar tidak bangkrut dan macet terutama pada saat pandemi COVID-19 seperti ini. Salah satu faktor penting adalah digital marketing. Digital marketing dapat dijadikan solusi untuk mengembangkan dan memperluas jangkuan usaha.

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran produk secara online sehingga tidak perlu bertemu langsung dengan pelanggan. Jenis digital marketing yang sering digunakan pelaku usaha UMKM sebagai saluran untuk promosi dan berjualan adalah instagram, facebook, whatsapp, marketplace dan sebagainya.

Keunggulan digital marketing antara lain mudah dilakukan, berbiaya murah, menjangkau banyak konsumen, tidak terbatas jarak dan waktu, sarana meningkatkan penjualan, penghubung yang baik dengan konsumen.
Beberapa strategi pemasaran ini dapat diterapkan agar bisnis bisa mendapatkan banyak order.

Pertama dengan menargetkan segmentasi pasar secara spesifik. Segmentasi pasar secara spesifik saat ini penting dilakukan supaya bisnis yang dijalani dapat berproses secara efektif. Selain itu, segmentasi ini nantinya dapat membantu upaya memperluas pasar pada bisnis agar lebih terarah. Fungsi segmentasi ini adalah mengategorikan potensi pasar serta mengevaluasi target konsumen.

Menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan juga akan membantu memperluas pasar. Pelayanan yang ramah serta produk berkualitas akan membuat pelanggan merekomendasikan bisnis ke kolega-koleganya. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan seperti memberikan reward kepada pelanggan setia ataupun membuatkan grup pelanggan, khususnya untuk reseller.

Promo yang menarik juga menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan calon pelanggan yang akan membeli produk. Promo ini dapat berupa potongan harga, kupon hadiah, ataupun cashback. Kamu juga memanfaatkan momen-momen penting seperti Idul Fitri, Natal, Imlek, dan hari besar lainnya untuk menggelar promo.

Terakhir, dengan menerapkan transaksi digital. Transaki digital akan memudahkan kedua belah pihak saat melakukan proses jual beli, baik pembeli maupun penjual. Hal ini tentu akan bermanfaat karena tidak lagi perlu menyiapkan uang kembalian. Bukti transaksi pun lebih mudah didata karena tercatat secara digital. Konsumen pun akan lebih nyaman karena tidak perlu lagi menyiapkan uang cash untuk membeli produk.(rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top