BI

Peluncuran Gerbang Pembayaran Nasional oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan DIY.

MALIOBORO – Bank Indonesia Kantor Perwakilan DIY bersama 9 bank umum nasional meluncurkan Kartu Gerbang Pembayaran Nasional di Hartono Mall, Sleman (29/7). Kesembilan bank tersebut meliputi Bank BPD DIY, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, Bank BCA, Bank Syariah Mandiri, Bank CIMB Niaga, dan Bank Permata. Sebelumnya GPN ini telah ditetapkan Bank Indonesia di Jakarta (3/5).

Acara ini dihadiri oleh Sugeng Purwanto selaku Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya DIY, Untung Nugroho selaku Kepala Kantor OJK DIY, Sri Purnomo selaku Bupati Sleman, para pimpinan perbankan yang memiliki kantor operasional DIY, dan para nasabah yang diundang pada acara tersebut.

Dalam sambutannya, Budi Hanoto selaku Kepala Kantor Perwakilan BI DIY menuturkan, bahwa GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan berbagai isntrumen – instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

GPN ini memiliki manfaa, antara lain kenyaman, fleksibilitas, efisensi transaksi serta meningkatkan keamanan nasional dan kemandirian kedaulatan nasional, di mana masyarakat dapat menggunakan kartu GPN untuk bertransaksi di semua mesin EDC perbankan yang tergabung dalam GPN ini.

“Yang dulu itu sendiri – sendiri. Bank bank itu melakukan transaksi dan prosesnya di luar negeri oleh perusahaan penyelesai transaksi, sekarang sudah bisa dilakukan sendiri di Indonesia untuk efisiensi dan keamanan,’ ungkap Budi.

Implementasi GPN ini akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari atm, kartu debit dan uang elektronik di pintu gerbang jalan tol pada 2018 ini. Selanjutnya, di tahun 2019 akan dimulai pelaksanaan seluruh uang elektronik, online payment, juga e-commerce dan kartu kredit.

Pada kesempatan yang sama, Bambang Setiawan selaku Direktur Utama Bank BPD DIY mengatakan Bank BPD DIY sudah melakukan penggantian kartu GPN ke puluhan ribh nasabah. Dengan Kartu GPN ini, nasabah bank BPD DIY dapat bertransaksi di ATM BPD DIY dan ATM bank nasional yang tersebar di seluruh Indonesia.
Arif Suwasono selaku CEO BNI Kanwil Yogyakarta mengisyaratkan Bank BNI sudah menyiapkan infrastruktur dan sosialisasi untuk mengejar target 30% nasabah ber-GPN sampai akhir tahun 2018.

Kampanye GPN ini dilakukan secara serentak di 14 kota, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Manado, Denpasar, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Batam, Banjarmasin, dan Balikpapan.

Bagi masyarakat yang ingin memiliki kartu GPN dapat mendatangani kantor layanan bank sesuai rekening tabungan untuk dapat melakukan penggantian Kartu GPN. (RSD).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top