NONBANK

Pemkab Gunungkidul Akan Sulap Lantai 2 Pasar Argosari Jadi Ruang Pamer Produk UMKM dan Pusat Kuliner

Pasar Argosari

MALIOBORO.NEWS – Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Gunungkidul akan menyulap lantai 2 pasar argosari Wonosari Gunung Kidul menjadi pusat kuliner dan ruang pamer bagi produk-produk kerajinan UMKM setempat. Program tersebut dilaksanakan usai renovasi pasar yang berada di pusat kota Wono sari Gunung Kidul.

Sabtu (24/8/2019) mendatang bekerjasama dengan Koperasi Wirausaha Mandiri Gunungkidul Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Gunungkidul akan menggelar pameran di lantai 2 pasar argosari Wonosari. Rencananya pameran ini akan diselenggarakan selama satu bulan penuh tinggal akhir bulan september mendatang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten Gunungkidul Johan Eko Suhartono mengatakan setidaknya ada 60 industri kecil menengah yang akan turut meramaikan pameran kali ini. Sejumlah produk lokal dari masyarakat yang memiliki nilai jual kreativitas dan bermanfaat akan turut serta dipamerkan dalam ajang ini.

“Pemerintah berupaya memberi ruang kepada kalangan UMKM untuk lebih mengenalkan produknya,”ujarnya.

Johan mengakui saat ini memang Pemerintah kabupaten Gunungkidul Tengah mencari formula yang pas untuk mengangkat potensi UMKM yang ada di Gunung Kidul. Satunya adalah memberi ruang pamer Bagi kalangan umum yang lebih representative. Tidak menutup kemungkinan hanya akan bekerja sama dengan organisasi pemerintah daerah yang lain.

Ketua umum Koperasi Wirausaha Mandiri Gunungkidul Joni Gunawan mengatakan pameran selama 1 bulan ini merupakan langkah awal dalam mengenalkan atau mempromosikan produk produk UMKM Gunungkidul terhadap masyarakat. Joni mengakui selama ini memang belum ada tempat untuk mempromosikan produk-produk hasil karya warga Gunungkidul.

” karena tidak ada ruang pamer yang representative maka banyak produk Gunungkidul yang belum dikenal oleh masyarakat padahal potensinya luar biasa,”ujarnya.(erf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top