BPR

Perbarindo DIY Adakan Undian Tamasya Plus Periode 30 di Hall Bank Bantul

Perbarindo DIY

MALIOBORO.NEWS – DPD dan Yayasan Perbarindo DIY bersama 45 BPR DIY mengadakan acara pengundian Tamasya Plus di Hall Kantor BPR Bank Bantul (23/1). Undian Tamasya Plus yang diselenggarakan kali ini merupakan undian periode ke 30. Pengundian Undian Tamasya Plus ini merupakan kedua kalinya diadakan di BPR Bank Bantul, dimana sebelumnya BPR Bank Bantul menjadi tuan rumah Undian Tamasya Plus yang periode pertama.

Turut hadir pada acara pengundian ini antara lain Pimpinan BPR Bank Bantul, Pimpinan BPR Bank Pasar Kulonprogo, Pimpinan BPR Arum Mandiri Kenanga, Pimpinan BPR Gamping Artha Raya, Pimpinan BPR Profidana Paramitra, Pimpinan BPR Kurnia Sewon, dan Pimpinan BPR Shinta Putra Pengasih, dan para Direksi BPR peserta lainya, Sekretrais DPD mewakili ketua, Ketua harian Yayasan Perbarindo DIY, Bupati Bantul, Dinas Sosial Propinsi DIY dan Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK DIY.

Aristini Sriyatun Direktur utama BPR Bank Bantul sekaligus selaku ketua panitia mengutarakan tujuan didirikannya BPR utamanya untuk menghimpun dana dalam bentuk tabungan maupun deposito, dan akan dikembalikan ke masyarakat di daerahnya masing – masing dalam bentuk pinjaman.

Untuk tahun 2019 ini BPR bersinergi dengan Pemerintah Daerah khususnya yang dalam bentuk PD BPR untuk menghilangkan atau membantu pemerintah daerahnya untuk memberantas rentenir yang ada di kabupatennya masing – masing dan juga kita membantu sepenuhnya kepada UMKM di daerah masing – masing juga.

“Di 2019 ini juga, BPR Bank Bantul direncanakan mengucurkan kredit sebesar 25% kepada UMKM.” jelas Aristini.

Bupati Bantul, Suharsono dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPD Perbarindo DIY yang telah mengadakan acara ini dan atas peran serta serta kiprah BPR yang selama ini telah berkiprah ikut menggerakkan perekonomian masyarakat di Bantul.

Kusmintarja Yatendra Ketua harian Yayasan Perbarindo DIY mengatakan pengundian Tamasya Plus periode ke 30 ini menandai keberadaan produk tabungan bersama DPD Perbarindo DIY yakni Tamasya Plus telah berumur atau telah berkiprah selama 15 tahun.

Tamasya Plus digagas oleh pengurus DPD Perbarindo DIY waktu itu dengan beberapa tujuan : Pertama sebagai produk bersama DPD Perbarindo DIY yang dapat dijadikan sebagai wahana kebersamaan bagi insan – insan pengelola indusri jasa keuangan khususnya BPR DIY, lalu yang kedua Tamasya Plus diharapkan dapat menjadi sebagai suatu instrumen pengelolaan operasional bisnis bank agar lebih efisien mengingat BPR masih bertumpu pada struktur pendanaan bunga mahal yakni dana pihak ketiga berbentuk deposito yang notabene adalah simpanan dengan bunga yang relatif tinggi.

“Untuk Periode 30 ini, setidaknya nilai hadiah Tamasya Plus yang Kita undi untuk nasabah – nasabah kita mencapai Rp482.559.000,” jelas Kusmintarja

Peningkatan nilai hadiah ini seiring bertambah jumlahnya nasabah dan seiring pula bertambahnya outstanding tabungan Tamasya Plus yang sampai dengan Desember 2018, Tamasya Plus memiliki nasabah 41.048 penabung dengan jumlah outstanding tabungan sebesar Rp112,8 Milyar.

Budi Saptono Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK DIY mengutarakan untuk Propinsi DIY dana yang berhasil dihimpun oleh BPR di DIY per posisi November 2018 sudah mencapai Rp 5.316 Milyar sementara itu dana yang disalurkan dalam bentuk kredit saat ini mencapai Rp5.173 Milyar atau tumbuh sebesar 9,26%.

Peningkatan dana pihak ketiga yang diikuti dengan peningkatan penyaluran kredit yang ditandai dengan tingkat LDR BPR saat ini mencapai 97,31% artinya dana – dana yang dihimpun dari masyarakat telah dikembalikan kepada masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat terus meningkatkan kinerja keuangan BPR di DIY serta dapat mempererat silahturahmi antara BPR dengan para nasabah” terang Budi.

Bagi nasabah tabungan Tamasya Plus dapat menghubungi kantor layanan BPR tempatnya menabung untuk mendapatkan informasi pemenang Undian Tamasya Plus Periode 30 ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top