PERBANKAN

Perkuat Penetrasi, BPR Gunakan Logo Bersama  

MALIOBORO – Persaingan bisnis keuangan di Yogyakarta semakin ketat. Tak hanya lembaga bank dan nonbank yang melirik DIY sebagai pasarnya, namun bisnis peer to peer atau pinjaman online juga merebak di wilayah ini.

Hal tersebut tentu membuat kalangan pelaku industri keuangan semakin tertantang untuk melakukan inovasi. Belum lama ini, Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DIY telah meluncurkan Logo BPR Bersama. Sebuah upaya dari kalangan pegiat BPR untuk memperkuat penetrasi produk-produk mereka dan mampu bertahan hingga memenangkan persaingan dalam industri keuangan di DIY yang sangat ketat ini.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perbarindo DIY, Ascar Setiyono mengatakan, logo bersama tersebut adalah upaya mereka untuk memperkuat brand image dari industri BPR. Selain itu, logo bersama ini juga untuk menyeleraskan BPR di seluruh Indonesia terutama di DIY sehingga mampu menciptakan pengelolaan brand yang terintegrasi.

“Selain itu untuk menjadikan BPR sebagai institusi keuangan yang terpercaya dan dapat meningkatkan tingkat inklusi keuangan,” tutur Ascar. Menurutnya, keberadaan Logo BPR Bersama sangat penting dalam membangun branding industri BPR, di mana logo BPR Bersama tersebut akan digunakan oleh seluruh BPR di Indonesia pada segala media yang dipergunakan oleh BPR serta untuk mengkomunikasikan informasi korporat dan produk-produk serta layanan BPR.

Sementara itu Kepala Kantor OJK DIY, Untung Nugroho mengatakan, industri BPR di wilayah ini memang harus terus melakukan inovasi. Logo baru tersebut akan memperjelas jati diri BPR sehingga masyarakat semakin memahami tentang produk-produk BPR tersebut.

Ia mengakui dibanding bank konvensional, BPR masih kalah pamor, namun di era finansial teknologi (fintech), BPR sangat mungkin menyamai. Terlebih dengan adanya Logo BPR Bersama akan semakin memperkuat sinergi antar-BPR. Apalagi produk BPR sebenarnya hampir sama, sehingga memerlukan branding yang juga dilakukan bersama-sama. “Kalau branding kuat maka masyarakat akan semakin mudah mengenali BPR,” tambahnya. (fan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top