EKONOMI

Realisasi BLT UMKM Capai Rp10,4 Triliun

MALIOBORO.NEWS – Pemerintah kembali melanjutkan program Bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM 2021 sejak 1 Maret lalu. Total anggaran yang sudah disiapkan ialah Rp15,36 triliun yang menyasar 12,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia.

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Eddy Satria mencatat, realisasi penyaluran BPUM 2021 untuk tahap pertama mencapai Rp10,4 triliun hingga posisi April 2021 dari total pagu Rp11,76 triliun. Nilai penyaluran tersebut menjangkau sebanyak 8,6 juta penerima manfaat.

Jika dipersentasekan itu sekitar 88 persen untuk total (target) 9,8 juta (penerima tahap pertama.

Sementara untuk realisasi BPUM tahap dua akan dilakukan setelah seluruh penyaluran di tahap pertama telah selesai 100 persen. Namun, pihaknya berjanji untuk segera mempercepat penyaluran bantuan di tahap pertama. Hal ini demi mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional menuju tren positif di awal tahun 2021.

Salah satu yang dicanangkan pemerintah adalah pertumbuhan tidak drop di kuartal pertama kemarin. Artinya ekonomi terus bergerak dan tidak berhenti.

Proses pengusulan calon penerima BPUM tahun 2021 sendiri dilakukan dengan skema satu pintu. Yakni melalui dinas yang membidangi koperasi dan UKM di tingkat kabupaten/kota.

Selanjutnya disampaikan oleh dinas kabupaten/kota ke dinas yang membidangi koperasi dan UKM provinsi untuk dilanjutkan ke Kementerian Koperasi dan UKM Deputi Bidang Usaha Mikro. Hal ini agar lebih efisien dengan sistem satu pintu.(rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top