KEUANGAN

Rekor Baru IHSG Dan Lonjakan Saham Perbankan

ATM BANK BCA Oleh Ruudd Keerr Photography

MALIOBORO – Bursa saham domestik melesat hingga berhasil mengukir rekor penutupan tertinggi pada sesi perdagangan Senin (19/2) berakhir. Mengutip data RTI, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertengger di level 6.689,29, setelah naik 97,71 poin atau setara 1,48%. Ini merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Pada perdagangan tersebut, sembilan sektor menyumbang nutrisi bagi tumbuhnya IHSG. Sektor – sektor yang menyumbang pertumbuhan tertinggi antara lain industri dasar sebesar 2,99%, konstruksi senilai 2,50% dan perbankan yang mencapai 1,81%.

Data memperlihatkan, saham Bank BCA dan Bank Mandiri berkontribusi paling besar terhadap peningkatan aktivitas IHSG. Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang melonjak secara signifikan di angka 3,30%. Selanjutnya, saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) berhasil naik di angka 1,51%.

Salah satu yang mempengaruhi kenaikan Saham BBCA ditandai dengan adanya berita penghargaan Bank BCA sebagai Bank Terbaik Nasional. Selain itu, kenaikan ini juga sebagai kabar baik Bank BCA yang akan berulang tahun yang ke – 61 pada esok hari.

Sepanjang Senin kemaren, investor mentransaksikan sekitar 11,99 miliar saham, dengan nilai perdagangan mencapai Rp 7,79 triliun. Walaupun masih didominasi modal dalam negeri, tetapi pemodal asing terlihat mulai masuk kembali ke pasar domestik.

Transaksi asing di pasar reguler mencatatkan pembelian bersih alias net buy sebesar Rp411,92 miliar. Tiga saham yang paling banyak dikoleksi oleh pemodal asing antara lain PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) di sektor komunikasi, kemudian saham BBCA dan saham BMRI di sektor perbankan.

 

 

 

(Rusdi K)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top