PERBANKAN

Rumah Kreatif BUMN BRI Kanwil Yogyakarta Tingkatkan Peran Mereka

RKB BRI

Rumah Kreatif BUMN (RKB) BRI Kantor Wilayah (Kanwil) Yogyakarta terus berusaha meningkatkan peran mereka dalam meningkatkan potensi perekonomian masyarakat terutama kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah ini.

Kepala Kanwil BRI Yogyakarta, Dedy Juhaeni mengungkapkan, RKB Kanwil BRI Yogyakarta memiliki potensi yang cukup bagus untuk meningkatkan kinerja UMKM yang ada di wilayah DIY dan sekitarnya. Saat ini sudah ada 42 ribu UMKM yang bergabung dengan RKB BRI Kanwil Yogyakarta untuk mendapatkan pembinaan dari bank nomor 1 di Indonesia ini.

“Kita akan genjot kinerja RKB di semester I tahun ini,” ujar Dedy.

Ia mengakui, saat ini memang belum semua UMKM yang tergabung dengan RKB sudah aktif. Baru sekitar 700 UMKM yang telah aktif melakukan komunikasi dan meminta bimbingan RKB BRI Kanwil Yogyakarta tersebut. Pihaknya akan berupaya menarik kembali UMKM di bawah naungan mereka untuk lebih aktif lagi.

Menurut Dedy, RKB Kanwil BRI Yogyakarta memiliki tugas untuk meningkatkan kapasitas daya saing UMKM agar bisa lebih berkontribusi bagi perekonomian masyarakat. Di dalam RKB nantinya akan diberikan materi pendampingan seperti pelatihan, pendampingan manajemen, bantuan pemasaran hingga aksesibilitas permodalan.

“Kita bantu UMKM untuk tumbuh lebih baik,” tambahnya.

mayoritas para anggota RKB merupakan pelaku usaha kecil dan belum tergolong ke dalam kategori UMKM. Sehingga, kendala yang kerap ditemukan adalah sulitnya para pelaku usaha untuk digandeng dalam berbagai pelatihan.

“Beberapa masih belum sadar bahwa untuk berkembang butuh berbagai pelatihan dan pendidikan,” paparnya. (erf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top