KULINER

Sate Gajih Enak dan Lezat Bikin Nagih

sate gajih bu suwardi

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – Kuliner sate identik dengan daging entah daging ayam atau kambing. Namun bagaimana jika kuliner sate yang ditawarkan adalah sate gajih sapi? Kuliner sate gajih cukup dikenal masyarakat di Jogja.

Sate gajih menjadi salah satu panganan khas Pasar Beringharjo yang banyak diburu pengunjung pasar. Cukup banyak penjual sate gajih di Pasar Beringharjo dan sekitarnya. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp1.000 hingga Rp4.000 per tusuk. Pedagang sate gajih di Beringharjo yang legendaris adalah Bu Suwardi. Lokasinya di lantai 1 pintu masuk Pasar Beringharjo sayap Selatan.

Sate gajih juga biasa disebut sate koyor atau sate kere. Konon istilah kere datang dari kalangan bawah yang tak mampu membeli setusuk daging sapi. Mereka lantas mengonsumsi lemak sapi yang dipotong kecil-kecil, kemudian ditusuk dan dimasak dengan cara dibakar sebagaimana sate pada umumnya. Yang membedakan adalah bahan baku pembuatannya.

Karena berbahan baku dari gajih sapi, maka saat dibakar sate ini menghasilkan asap yang begitu banyak. Aromanya yang khas membuat orang penasaran dengan sate gajih yang satu ini. Enaknya sate lemak ini jangan dibakar terlalu lama sebab lemak menjadi cepat gosong.

Bagi yang belum pernah merasakan sate gajih pasti akan merasakan hal yang baru. Sebelum dibakar, gajih terlebih dahulu diberi bumbu. Bumbu yang digunakan adalah bumbu yang terbuat dari bawang putih, ketumbar, merica, gula jawa, dan beberapa bumbu pelengkap lainnya. Penggunaan bumbu rempah itu menghasilkan sate dengan cita rasa yang nikmat tiada tandingan, pecah dimulut, bumbu yang meresap, dan lezat. Ketika digigit, rasa sate gajih yang juicy bercita rasa tiada tara.

Untuk yang tidak suka lemak atau gajih, mungkin sate gajih tampak aneh dan tidak menarik. Apalagi jika dipikir sate gajih ini tidak bergizi. Jika tidak terlalu sering dikonsumsi, tidak ada masalah untuk mencoba sate yang satu ini karena kenikmatannya memiliki karakter tersendiri.

Setelah dibakar, sate gajih ini memiliki warna kuning keemasan yang benar-benar menggoda selera. Sate gajih khas Yogyakarta memiliki cita rasa yang manis. Gula jawa dalam bumbu mendominasi cita rasa sate gajih tersebut.(wid)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top