BISNIS

Telkom Dorong UMKM Lebih Maju

indihome-kembangkan-umkm

MALIOBORO – PT Telkom Indonesia berusaha mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). mereka terus berusaha memperluas jaringan fiber optic Dan memberikan pelatihan kepada UMKM.

General Manager Telkom Witel DIY, Firmansyah mengatakan segmen UMKM memang belum begitu besar yang menjadi pelanggan Indihome, Karena masih kalah dengan jumlah pelanggan Indihome dari kalangan residensial. Kendati demikian, jumlah UMKM yang menjadi pelanggan Indihome terus mengalami kenaikan.

“Pelaku UMKM kini sudah paham akan kebutuhan internet untuk memajukan bisnis mereka,” tuturnya.

Oleh karena itu, Telkom memang terus berupaya mendorong UMKM untuk bisa memasuki dunia international melalui pemasaran online. Dengan menghadirkan layanan internet rumahan, Telkom yakin UMKM akan bisa go international bersaing di pasar global.

Saat ini, PT Telkom terus berusaha meningkatkan jaringan fiber optic mereka guna meningkatkan pelanggan Indihome mereka. Ia mengakui dari total pelanggan Telkom, 90 persen telah terlayani fiber optic. Namun, Ia juga mengamini jika masih terkonsentrasi pada wilayah perkotaan saja.

“Dengan upaya perluasan jaringan kami, potensi pelanggan baru fiber optic ada sekitar 120.000 pelanggan,” ungkapnya.

Saat ini, pelanggan Telkom wilayah DIY ada sekitar 200.000 orang Dan 59.000 di antaranya merupakan pelanggan Indihome. Tahun 2017 ini, pihaknya menargetkan peningkatan jumlah pelanggan Indihome mencapai 40.000 orang.

Selain melalui dukungan jaringan fiber optic dan program Indihome yang menarik, Telkom juga berusaha mendukung perkembangan UMKM dengan berbagai pelatihan Dan pendampingan. Telkom berusaha mendorong UMKM untuk masuk ke marketplace yang mereka kembangkan, Belanja.com.

(erfanto linangkung)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top