ASURANSI

Tiga Hal Penting Sebelum Membeli Asuransi Bagi Kendaraan dan Rumah Anda

Hal Penting Sebelum Membeli Asuransi

MALIOBORO.NEWS – Sedia payung sebelum hujan. Itulah istilah yang tepat dalam menggambarkan pentingnya membeli produk asuransi, kita tidak pernah tau hal yang akan terjadi pada kendaraan dan rumah yang kita miliki. Namun dalam membeli asuransi, kita perlu mempertimbangkan tiga hal utama.

Tiga hal tersebut yaitu: manfaat yang diberikan (benefit) atau disebut juga prinsip diganti, pengecualian (exclusion/limitation) atau juga disebut prinsip tidak diganti, dan prosedur klaim (teknis klaim) yang meliputi kelengkapan berkas dan waktu proses yang dibutuhkan.

Pilihan ketiga jenis perlindungan tersebut di atas disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Jangan sampai terjadi juga over insurance, artinya nilai yang dipertanggungkan lebih besar daripada nilai obyek sesungguhnya. Jangan pula terjadi under insurance, karena apabila terjadi risiko, maka claim hanya dibayar secara pro rata. Konsultasikan kepada PIC asuransi untuk mendapatkan perhitungan yang tepat.

Jadi jelas bahwa perlindungan untuk kendaraan dan rumah penting untuk keamanam dan kenyamanan bukan hanya ketika lebaran saja, namun setiap waktu selama setahun. Hal ini dapat diperpanjang sebelum jatuh tempo tahunan berakhir.

Namun demikian, prinsip dan pola hidup kehati-hatian tetap diutamakan guna tindakan prefentif dan antisipatif. Kenapa hal ini perlu? Karena tentu anda tidak ingin jika terjadi risiko itu semua di atas, tetap ada risiko sendiri (own risk) berupa doku yang musti kita tanggung setiap risiko terjadi. Mulai Rp 300.000 atau 10% dari nilai obyek yang diasuransikan.

Selagi belum terlambat, segera hubungi asuransi dan atau agen terdekat guna mendapatkan perlindungan-perlindungan sesuai kebutuhan.

Penulis : Himawan Adhi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top