ASURANSI

Tiga Paket Asuransi Bagi Anda Yang Akan Mudik

Tiga Paket Asuransi

MALIOBORO.NEWS – Mudik telah menjadi tradisi bagi warga Indonesia. Setelah hampir satu tahun pergi dari kampung halaman, mudik menjadi momen yang tak dapat terlewatkan menjelang hari raya idul fitri. Berbagai macam moda transportasi digunakan untuk mencapai kampung tujuan, salah satunya menggunakan mobil pribadi. Namun dalam perjalanan kita tidak akan tahu tentang hal-hal yang akan terjadi, seperti kecelakaan kendaraan. Untuk itu hendaknya kita mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi, salah satunya dengan mengasuransikan diri kita, kendaraan yang kita pakai, juga rumah yang kita tinggalkan selama mudik.

Terdapat tiga paket asuransi yang dapat kita peroleh, yaitu : paket standard hingga paket all risk dan comprehensive.

Paket standar adalah paket basis yang disepakati oleh AAUI (Asosiasi Asuramsi Umum Indonesia) dan Dewan Asuransi Indonesia. Jadi, contohnya Personal Accident adalah Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia (PSAKDI). Lain halnya jika all risk, itu ada perluasan manfaat seperti keracunan makanan minuman, dan manfaat terhadap olah raga ekstrim sebagai amatir. Selain itu, ada juga komprehensif atau “lengkap”, yaitu all risk ditambah perluasan benefit seperti patah tulang, pemakaman, medical evacuation dan lain-lain.

Berbeda dengan polis kendaraan, maka polis property merujuk pada PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia). Jenis all risk pada asuransi rumah berupa kebakaran karena sebab-sebab lain, bencana alam. Sedangkan polis komprehensif melindungi risiko karena gempa, banjir, tuntutan pihak ketiga dan lain-lain.

Jadi levelnya adalah Polis Standar, lalu polis lebih komplet disebut All Risk kemudian jenis polis paling komplet disebut komprehensif.

Penulis : Himawan Adhi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top