TIPS AND TRICK

Tips Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi

Tips Mempertahankan Bisnis di Tengah Pandemi

MALIOBORO.NEWS – Pandemi Covid-19 telah menekan perekonomian dan kelangsungan bisnis. Untuk dapat bertahan, inovasi dan transformasi bisnis sangat diperlukan di tengah ketidakpastian akibat Covid-19. Penurunan kepercayaan konsumen dan penjualan, mengancam semua bisnis. Bisnis kecil yang paling rentan, sebab seringkali tidak memiliki cadangan untuk membantu menghadapi masa-masa sulit.

Beberapa tips mempertahankan bisnis di tengah pandemi :

1. Periksa Kondisi Laporan Keuangan Bisnis

Lakukan pengecekan mendalam terhadap kondisi keuangan bisnis. Salah satunya yang perlu diperiksa adalah kondisi lukiditas dan cash on hand. Bila kondisi likuiditas tidak aman masa depan bisnis juga terancam. Perlu dihitung berapa besar tingkat likuiditas usaha sampai berapa lama anda mampu menghidupi bisnis dalam situasi tanpa pemasukan. Idealnya anda masih memiliki cach on hand untuk operasional 12 bulan ke depan. Bila kurang dari itu perlu memikirkan pengamanan likuiditas agar bisa mempertahankan bisnis di tengah pandemi Covid-19 ini.

2. Gunakan Platform e-commerce

Salah satu platform populer dalam berbisnis online adalah e-commerce. E-commerce juga menguntungkan bagi pelaku usaha karena untuk mendaftarkan diri di e-commerce tidak perlu modal uang. Pengelolaan ketersediaan produk pun mudah karena sistem automasi yang ditawarkan. Metode pembayaran pada e-commerce juga lebih terpercaya dan memudahkan konsumen karena menggunakan metode third party. Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan berbagai fitur dan promo yang ditawarkan oleh e-commerce kepada calon konsumen anda. Gunakan platform e-commerce yang ada untuk meningkatkan penjualan.

3. Inovasi

Menciptakan inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu strategi bisnis untuk bertahan di tengah pandemi. Lakukan inovasi dengan mencari peluang bisnis yang sedang berkembang. Dengan memahami kebutuhan pasar yang sedang meningkat, dan berinovasi, anda akan lebih mudah mempertahankan kelangsungan bisnis di tengah pandemi ini.

4. Jangan Berhenti

Jangan sampai anda memiliki sugesti bahwa bisnis akan berakhir akibat pandemi. Meski sangat sulit, sekarang bukan waktunya untuk berhenti. Teruslah memasarkan produk, berusaha menciptakan penjualan, menggaet pelanggan baru sambil mempertahankan pelanggan setia. Lebih baik terus berusaha menjalankan operasional bisnis harian dengan berbagai penyesuaian yang diperlukan.(rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top