KULINER

Tips Memulai Usaha Kuliner Denga Modal Kecil

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta- Usaha kuliner bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Artinya, usaha ini menjadi salah satu bisnis yang bisa dilakukan di tengah kondisi ekonomi selama pandemi virus corona.

Namun, walau usaha rumahan bukan berarti upaya promosi tidak harus dilakukan. Promosi merupakan hal yang patut dilakukan karena dapat mendatangkan potensi-potensi para pembeli. Manfaat promosi antara lain ialah memperkenalkan produk yang dijual di tengah situasi persaingan yang kian ketat.

Mengutip buku ’38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry Modal di Bawah 5 Juta’ karya Yuyun A yang terbit pada 2010, terdapat tips-tips jitu dalam memulai home industry.

1. Menentukan dan Mempelajari Jenis Makanan atau Minuman Langkah awal memulai bisnis kuliner ialah menentukan jenis produk makanan atau minuman skala rumah tangga yang akan dipilih. Setelah itu pelajari karakteristiknya, mulai dari bahan baku, peralatan, cara membuat, kegunaan, cara konsumsi, penyimpanan, hingga pendistribusian.

2. Mengenal Target Pasar dan Segmentasi Konsumen
Setelah itu, kamu dapat melakukan pembagian target pembeli atau konsumenmu. Pembagian yang sangat mudah adalah membagi pasar secara ekonomi, yaitu segmen atas yang memiliki daya beli tinggi, segmen menengah dengan daya beli sedang, dan segmen bawah yang berkantong terbatas.
Pada langkah ini adalah persepsi yang diciptakan agar produk yang dijual memiliki ciri khas tersendiri. Fungsinya ialah membuat produk yang dijual tidak mudah dilupakan konsumen di tengah saingan yang ada.

Pada positioning juga
harus disokong oleh perlengkapan berupa properti untuk meninggalkan kesan di benak konsumen.

4. Perbedaan yang Nyata (Significant Different)
Pada bisnis kuliner rumahan tidak hanya cukup mengandalkan bahan baku terpilih, rasa enak, tempat strategis, harga murah, bersih, dan kemasan yang bagus. Kamu perlu membuat strategi agar bisnis kuliner yang dilakukan memiliki perbedaan yang nyata.

Perbedaan yang nyata ini tidak harus berasal dari bahan atau pelayanan, tapi dengan memberikan sentuhan kecil yang membuat usaha rumahanmu berbeda dan meninggalkan kesan di konsumen. (wd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top