TIPS AND TRICK

Tips Menghemat Uang Selama Bulan Ramadan

Tips Menghemat Uang Selama Bulan Ramadan

MALIOBORO.NEWS –  Bulan Suci Ramadan seperti sekarang ini selalu dirayakan dengan penuh suka cita bagi umat Muslim. Seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia sedang menjalankan ibadah puasa.

Pada bulan seperti ini seringkali membuat pengeluaran membengkak. Padahal justru ingin berhemat. Nyatanya seringkali menghidangkan makanan berbuka secara besar-besaran. Lalu, gimana ya biar bulan puasa tetap bisa berhemat?

Berikut tips menghemat uang selama Ramadan

1.    Buatlah Menu Makanan Untuk Sebulan

Sebelum mempersiapkan diri menyambut bulan puasa, ada baiknya  mulai mencari buku-buku resep makanan yang cocok disajikan pada Bulan Suci. Pastikan menu yang disediakan beragam, mulai dari ayam, ikan, hingga daging sapi untuk memberikan variasi selama bulan puasa. Aturlah menu-menu tersebut setiap harinya agar tidak bosan dan tetap menjaga keseruan buka puasa di rumah. Variasi menu bisa jadi alasan untuk memilih rumah sebagai tempat paling ideal untuk berbuka puasa.

2.    Masak Sendiri

Untuk menjaga kehematan dan kebersihan makanan selama bulan puasa, yang harus dilakukan adalah memasak sendiri menu sahur dan berbuka. Dengan memasaknya sendiri, anda juga terpancing untuk menghabiskannya. Lagipula, anda juga bisa mengatur semua yang terkait rasa agar pas dengan lidah.

3.    Kurangi Kegiatan Berbuka di Luar

Undangan buka bersama rasanya menjadi hal yang akan sangat sering didapatkan. Mulai dari reuni teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, hingga beberapa tempat kerja. Kalau tidak bisa menahan godaan tersebut dan mengiyakan semua tawaran, jangan heran jika di akhir bulan anda hanya bisa berteriak maupun menangis karena pengeluaran menjadi berkali-kali lipat lebih besar dibanding bulan biasa. Pilah-pilih tawaran yang ingin didatangi. Anda tidak diwajibkan untuk datang. Jangan menjadikan undangan ini sebagai beban bahwa anda harus turut hadir dan berpartisipasi.

4.     Manfaatkan Diskon Selama Bulan Ramadan

Ada banyak sekali promo diskon yang bisa dimanfaatkan selama Bulan Ramadan, mulai dari untuk keperluan dapur, gaya hidup, dan berbagai keperluan rumah tangga lainnya.

Jika bisa saat berbelanja, manfaatkan diskon semaksimal mungkin dan persiapkan segala keperluan untuk sebulan kecuali untuk bahan-bahan organik seperti sayuran dan daging yang memiliki jangka waktu relatif sebentar.(rn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top