toko buku sari ilmu malioboro
WISATA

Toko Buku Sari Ilmu di Malioboro

MALIOBORO.NEWS – Selain kawasan Shoping Centre di Jl. Senopati, ada dua toko buku legendaris di Yogyakarta. Yang pertama, Toko Buku Gunung Agung di simpang empat Tugu Yogyakarta yang saat ini berubah jadi Resto Kebon Ndalem. Ada lagi toko buku Gramedia di Jl. Jenderal Sudirman yang masih ada hingga kini.

Dulu ada toko buku Sari Ilmu di Jl. Malioboro, tepatnya di seberang Malioboro Mal. Toko Sari Ilmu dulunya bernama Hien Ho Sing dengan gambar/logo burung hantu dan buku.

Namun, sekarang toko buku Sari Ilmu sudah berubah bukan lagi menjual aneka macam buku dan alat tulis lagi. Dulu toko buku lengkap menjual buku, mulai dari anak TK, SD, SMP, SMA, perguruan tinggi hingga buku-buku umum. Berbagai alat peraga pembelajaran seperti peta, bola dunia, tata surya dan alat-alat gambar juga dijual di toko ini.

Suasana toko sangat khas, ada banyak lemari dan etalase kaca untuk memajang berbagai barang yang dijual. Kemudian penjaga toko berada di belakang etalase.

Penjaga toko siap melayani pembelian ataupun bila ada pembeli yang bertanya. Setelah melihat barang-barang yang tersedia biasa atau yang hendak dicari, petugas memberikan nota untuk dibayarkan di kasir.

Itu salah satu cerita aktivitas toko buku Sari Ilmu dulu yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan aktivitas toko lainnya. Toko waktu itu juga mempekerjakan banyak karyawan.

Kini toko telah berubah. Toko ini sekarang menjual suvenir atau cindera mata seperti kaos dan aneka oleh-oleh. Orang saat ini sudah tidak mengenal toko buku Sari Ilmu jauh sebelum munculnya buku elektronik atau digital.(bkn)

Toko Buku Sari Ilmu di Malioboro
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top