SAHAM

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kembali Meraih Penghargaan GI BEI Award 2020

UMY raih penghargaan GI BEI

MALIOBORO.NEWS, Yogyakarta – Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan langkah pengembangan pasar modal. Apresiasi PT Bursa Efek Indonesia (BEI) diberikan kepada seluruh stakeholders pasar modal, khususnya Anggota Bursa dan Perguruan Tinggi.

Wujud dari apresiasi yang dilakukan oleh BEI di tahun ini adalah dengan memberikan penghargaan kepada Perguruan Tinggi maupun Anggota Bursa yang menjadi mitra GI BEI. Bertajuk Penghargaan GI BEI 2020, apresiasi diberikan dalam empat kategori dan menghadirkan tiga pemenang di setiap kategori.

Kategori pertama, Galeri Investasi BEI teraktif berdasarkan Jumlah Penambahan Rekening Efek. Kategori ini dimenangkan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Mereka mencatat pertumbuhan rekening efek baru sebanyak 2.546 SID. Disusul UIN Raden Fatah di posisi kedua dengan 1.616 SID, dan IAIN Surakarta di posisi ketiga dengan 1.363 SID baru di sepanjang 2020.

Kategori kedua adalah Galeri Investasi BEI Teraktif berdasarkan Nilai Transaksi. Kategori ini dimenangkan oleh Universitas Maranatha dengan nilai transaksi Rp253,24 miliar. Dilanjutkan Universitas Ciputra di posisi kedua dengan nilai transaksi Rp240,78 miliar. STIE Trisakti (Trisakti School of Management) di posisi ketiga dengan nilai transaksi Rp173,56 miliar.

Galeri Investasi BEI Teraktif berdasarkan Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi merupakan kategori ketiga. Kategori ini dimenangkan oleh Institut Informatika dan Bisnis Kesatuan dengan total angka yang diraih 4.251 poin. Pemenang kedua adalah Universitas Gunadarma dengan total angka 4.124 poin. Universitas Negeri Semarang sebagai pemenang ketiga dengan total angka 4.121 poin.

Kategori keempat untuk GI BEI Teraktif berdasarkan Pengembangan dan Inovasi Kegiatan. Kategori ini dimenangkan oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Mereka melakukan inovasi dengan peluncuran sistem aplikasi literasi Pasar Modal Syariah Terintegrasi berbasis teknologi dan disebut SCALLA (Sharia Capital Market Literacy Application) pada 29 September 2020 lalu. Pemenang kedua adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan pemenang ketiga didapatkan oleh IAI Nusantara Batanghari.

Penghargaan Kepada Anggota Bursa

Di Penghargaan GI BEI 2020 ini, BEI juga memberikan apresiasi kepada anggota bursa mitra GI BEI dengan kinerja terbaik. Penghargaan diberikan kepada PT Phintraco Sekuritas, PT MNC Sekuritas, dan PT Philip Sekuritas Indonesia. BEI juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 2 GI BEI non kampus, yakni GI BEI Kopi Tjoean dan GI BEI Satu Lot Coffee Makassar yang keduanya bermitra dengan Anggota Bursa PT Philip Sekuritas Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia – Yogyakarta, Irfan Noor Riza mengatakan bahwa penghargaan yang diraih oleh GI BEI Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menandakan bahwa semakin banyak masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya mulai melek investasi khususnya di pasar modal.

“Data kami menunjukkan pertumbuhan investor cukup signifikan sebanyak 13.234 investor, di DIY dan sekitarnya antara Januari – November 2020. Total jumlah investor di DIY per November 2020 ini berjumlah 62.833 investor, dengan transaksi rata-rata Rp1,819 Triliun/bulan” ujar Irfan di Yogyakarta (14/12/2020)

“Pandemi COVID-19 membuat masyarakat tersadar arti pentingnya berinvestasi khususnya di pasar modal. Masyarakat mempunyai banyak waktu untuk lebih mengenal dan mencari informasi tentang pasar modal. Kami optimis, inovasi-inovasi program edukasi seperti yang dilakukan GI BEI UMY dan GI BEI lain di Yogyakarta, nantinya akan semakin menumbuhkembangkan pasar modal di DIY dan sekitarnya,“ pungkas Irfan. (ah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top