Uncategorized

Waspada Pinjol Illegal Ojk Minta Masyarakat Cek Legalitas Sebelum Melakukan Pinjaman

waspada pinjol ilegal

waspada pinnjol ilegal

MALIOBORO.NEWS,Yogyakarta- Otoritas jasa keuangan OJK gencar memberantas pinjaman online PINJOL illegal yang meresahkan masyarakat. Dalam konferensi pers mengenai pinjaman online ilegal, Selasa (19/10), Langkah tersebut diambil setelah mendapatkan amanah dari joko Widodo presiden Republik Indonesia karena banyaknya korban pinjol, beberapa bahkan sampai bunuh diri.

Dirangkum melalui akun Instagram OJK, Menkopol Hukam Mahfud MD menyatakan bahwa Pinjol illegal dalam beroperasi dinyatakan tidak sah dan tidak memenuhi syarat. Oleh sebab itu bagi masyarakat yang sudah terlanjur menjadi korban, tidak perlu membayar. Jika mendapatkan ancaman dan teror kekerasan, masyarakat agar segera melapor ke kantor polisi terdekat. Polisi akan memberikan perlindungan bagi para pelapor.

Pinjol ilegal membuat tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban. Untuk itu masyarakat diharapkan untuk memeriksa dulu mengenai Pinjol yang akan diakses. Legalitas menjadi sorotan utama dalam pemilihan pinjaman online. Pemeriksaan status legalitas bisa dilihat melalui website OJK. Selain itu, bisa menghubungi Kontak OJK melalui telepon 157 atau Whatsapp di nomor 081 157 157 157.

Mahfud MD mengatakan bahwa masyarakat yang sudah menjadi korban tidak perlu lagi berurusan dengan Pinjol Ilegal.

“Imbauan atau statement resmi dari pemerintah yang dihadiri OJK dan BI. Hentikan, hentikan penyelenggaraan Pinjol ilegal ini,” ujarnya setelah rapat terkait pinjol ilegal, Selasa (19/10).

Dengan melibatkan berbagai instansi, Mahfud percaya keputusan akhir ini juga telah mempertimbangkan banyak aspek. Seperti sudut pandang hukum perdata, yang mana menyebutkan bahwa Pinjol Ilegal tidak memenuhi syarat objektif dan subjektif.

Ia menegaskan tentang pasal 368 KUHP tentang Pemerasan, pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan, UU ITE pasal 29 dan 32 yang diambil dari ayat 2 dari 3, hingga UU Perlindungan Konsumen.
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso juga berpesan kepada Pinjol legal yang berizin OJK untuk memberikan suku bunga yang murah sehingga dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Pinjol legal juga diminta untuk selalu mentaati peraturan dan etika dalam penagihan, serta terus meningkatkan pelayanan yang positif agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari adanya pinjaman online.(Kun)

Terpopuler

To Top